Iklan dempo dalam berita

Dosa Besar saja Bisa Luntur Apalagi Dosa Kecil, Begini 5 Caranya

Dosa Besar saja Bisa Luntur Apalagi Dosa Kecil, Begini 5 Caranya

Cara menghapus dosa besar maupun kecil--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Setiap manusia tentu memiliki kesalahan sehingga tidak ada yang terbebas dari dosa. Untuk membersihkannya, ada amalan penghapus dosa yang bisa dilakukan.

Allah SWT memiliki sifat maha pengampun dan menerima taubat dari para makhluknya. Sebesar apapun kesalahan yang pernah dibuat selama di dunia.

1. Berbuat Baik

Berbuat baik dapat menjadi amalan penghapus dosa. Hal itu sesuai dengan riwayat Al-Tirmidzi, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

"Iringi lah perbuatan dosa dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya."

BACA JUGA:4 Langkah Mudah Menambal Tandon Air yang Bocor dengan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Allah SWT dalam Quran surat Hud ayat 114 juga berfirman mengenai perbuatan baik dapat menghapus dosa. Contoh perbuatan baik yang bisa dilakukan dengan melaksanakan salat.

Arab: وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ الَّيْلِ ۗاِنَّ الْحَسَنٰتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّاٰتِۗ ذٰلِكَ ذِكْرٰى لِلذَّاكِرِيْنَ

Latin: wa aqimiṣ-ṣalāta ṭarafayin-nahāri wa zulafam minal-laīl, innal-ḥasanāti yuż-hibnas-sayyi`āt, żālika żikrā liż-żākirīn

Artinya: Dan laksanakan lah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).

BACA JUGA:Ini 6 Doa Nabi Ibrahim dan Zakaria agar Mendapat Anak

2. Salat Lima Waktu

Salat merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat Islam setiap harinya. Walaupun begitu, ibadah ini dapat menghapus dosa besar dan kecil yang dimiliki umat manusia.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist riwayat Muslim, di antara salat lima waktu, hari Jumat dengan Jumat berikutnya, hingga Ramadhan dan Ramadhan selanjutnya ada waktu pengampunan dosa yang diberikan oleh Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: