Iklan dempo dalam berita

Sebelum Merugi, Penting Mengetahui Perbedaan Spare Part Mobil Asli dan Palsu, Ini 8 Cara Membedakannya

Sebelum Merugi, Penting Mengetahui Perbedaan Spare Part Mobil Asli dan Palsu, Ini 8 Cara Membedakannya

Sebelum Merugi, Penting Mengetahui Perbedaan Spare Part Mobil Asli dan Palsu, Ini 8 Cara Membedakannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sparepart mobil palsu dari merek-merek otomotif ternama masih banyak beredar di pasar. Penyebab utamanya adalah karena sparepart mobil palsu ini dijual dengan harga yang jauh lebih rendah daripada suku cadang asli.

Walaupun sudah diketahui bahwa kualitas sparepart mobil palsu ini berada di bawah standar, masih ada konsumen yang memilih untuk membelinya. 

Inilah yang membuat produsen sparepart mobil imitasi sulit diatasi.

BACA JUGA:Penting, Ini Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Air Biasa untuk Radiator

Untuk mengatasi masalah ini, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips kepada konsumennya agar dapat membedakan antara sparepart mobil asli dan palsu, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

8 Cara Membedakan Spare Part Mobil Asli vs Palsu

1. Mengecek Nomor Seri dan Kode Spare Part 

Untuk menentukan apakah spare part yang Anda beli original, pastikan untuk cek kode dan nomor seri pada spare part. Apabila berasal dari bengkel resmi, maka pasti tertera nomor seri pada spare part.  

Lalu, nomor seri tersebut pasti tercantum dalam katalog resmi produk. Sehingga, bila Anda mendapati perbedaan dan kejanggalan antara keduanya, maka sebaiknya berpikir lagi sebelum membeli spare part tersebut.

Spare part mobil yang palsu pun bisa saja memiliki nomor seri. Umumnya, nomor seri palsu akan terlihat tidak pas cetakannya, lalu tidak sesuai, serta mudah pudar. Maka dari itu, Anda perlu lebih jeli agar bisa mengetahui keaslian suatu spare part.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, 7 Kebiasaan Berkendara yang Bisa Merusak Mobil, Nomor 7 Sering Dilakukan

2. Memeriksa Kondisi Kemasan Spare Part

Keaslian suatu spare part juga dapat Anda ketahui dari kemasannya. Pada kemasan spare part asli, bahan kardus akan terasa tebal dan halus. Kualitasnya terlihat dari warna dan tulisan pada kardus yang jelas, terang, serta tidak kusam.

Lalu, pada kemasan spare part asli terdapat stiker hologram dengan logo terlihat jelas dan tajam. Jika Anda coba lepas pun, stiker tersebut tidak akan mudah terlepas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: