Iklan RBTV Dalam Berita

AWAS! Ini Risiko Tekanan Angin Ban Kendaraan Terlalu Keras, Segini Tekanan Angin Ban Motor dan Mobil yang Idea

AWAS! Ini Risiko Tekanan Angin Ban Kendaraan Terlalu Keras, Segini Tekanan Angin Ban Motor dan Mobil yang Idea

AWAS! Ini Risiko Tekanan Angin Ban Kendaraan Terlalu Keras, Segini Tekanan Angin Ban Motor dan Mobil yang Idea--

Selain itu saat tekanan udara ban besar, bagian tengah ban cenderung lebih menonjol. Tonjola ini disebabkan karena bagian inilah yang paling lentur dibandingkan dengan bagian ban lain. Sehingga udara akan mengumpul dibagian ini dan membuat tapak ban yang menyentuh jalan secara langsung akan berkurang. Kalau tapak ban kecil maka mobil tidak akan stabil di kecepatan tinggi.

3. Ban bagian tengah lebih cepat habis

Masih berhubungan dengan akibat nomor 2, kalau ban terlalu keras maka bagian tengah ban yang menonjol yang akan menyentuh permukaan jalan. Hal tersebut akan menyebabkan bagian tengah ban mengalami keausan lebih dulu. Sehingga ban akan terkesan ngantung. Tentu akibatnya berbahaya karena kalau terkena batu bisa membuat ban bocor.

BACA JUGA:Pemilik Motor Matic Wajib Tahu, Ini Risiko Terlalu Sering Mematikan Mesin Menggunakan Standar Samping

4. Rawan meletus

Pernah mendengar mobil kecelakaan karena ban yang meledak ? ini bisa terjadi pada mobil anda kalau tekanan ban berlebihan. Ini terjadi karena ketika mobil berjalan maka ban akan menyentuh aspal. Di siang hari, suhu aspal bisa sangat panas. Panas tersebut tentunya akan merambat ke ban dan semakin lama mobil berada di aspal maka suhunya semakin tinggi. Sifat udara kalau dipanaskan, molekulnya akan lebih mengembang. Sehingga dalam kondisi suhu ban tinggi, akan membuat tekanan ban semakin tinggi pula, dan resikonya ban meledak.

BACA JUGA:Penting, Ini Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Air Biasa untuk Radiator

Lalu, Berapa Tekanan Angin Ban yang Ideal?

1. Tekanan Angin Ban Motor

• Tekanan Angin untuk Motor Sport

 Untuk sepeda motor jenis sport, umumnya ukuran tekanan angin ban depan berada di angka 32 psi – 34 psi. Sementara untuk ban belakang, ukuran tekanan ban yang paling sesuai, yaitu 39 psi – 41 psi.

• Tekanan Angin untuk Motor Bebek

 Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beda jenis motor artinya berbeda pula standar ukuran tekanan anginnya.

Pada motor bebek, tekanan angin untuk ban bagian depan kira-kira berada di angka 29 psi – 30 psi. Kemudian untuk ban belakangnya, tekanan angin yang biasanya menjadi acuan, yaitu 31 psi – 33 psi.

• Tekanan Angin untuk Motor Matic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: