Iklan dempo dalam berita

Anjuran Islam, Pertimbangkan 7 Hal Berikut saat Bangun Rumah

Anjuran Islam, Pertimbangkan 7 Hal Berikut saat Bangun Rumah

7 hal yang harus dipertimbangkan saat bangun rumah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Rumah adalah bagian penting bagi manusia. Karena penting, Islam pun memberi anjuran konsep rumah yang sebaiknya kita jalani.

Islam merupakan agama sempurna yang mengatur seluruh kehidupan kita. Tak terkecuali dalam hal tata cara membangun rumah sesuai konsep Islam.

Dalam Islam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang muslim dalam membangun rumah. Berikut beberapa hal penting dalam membangun rumah sesuai konsep Islam.

1. Lingkungan rumah yang baik

Saat hendak membangun rumah, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah lingkungan rumah kamu.

Pastikan lingkungan sekitar rumahmu jauh dari kemaksiatan, kesyirikan, dan keburukan. Kamu bisa berdiskusi dan menanyakan hal ini kepada ketua RT atau bisa melihat secara langsung.

BACA JUGA:Begini Anjuran Nabi Muhammad untuk Bangun Rumah, Termasuk Pengaturan Toilet

Upayakan agar jangan sampai kamu tinggal di wilayah perjudian, kemaksiatan, apalagi lingkungan pencuri, dan pengguna narkoba. Rasulullah menyampaikan bahwa, “Kesucian adalah sebagian dari iman.” (HR. Muslim).

2. Posisi rumah terhadap tetangga, jangan ada saling ganggu

Hal penting dalam membangun rumah sesuai konsep Islam selanjutnya ialah tidak mengambil ‘hak’ rumah tetangga lainnya.

Sebuah rumah yang Islami tidak boleh menutupi akses tetangganya dalam mendapatkan sinar matahari, udara, dan air yang dibutuhkannya.

Rumah yang baik juga tidak akan dibangun dengan posisi yang menyulitkan pergerakan atau mobilitas tetangga di sekitarnya, seperti menutup akses jalan menuju rumah orang lain meskipun tanah tersebut termasuk tanah kita, ataupun membuat tempat sampah yang membuat tetangga tidak nyaman dengan baunya.

BACA JUGA:Mesin Mobil Susah Dinyalakan di Pagi Hari? Segera Cek 5 Komponen Ini

Intinya, rumah seorang muslim tidaklah diperbolehkan membawa mudharat atau keburukan bagi orang yang tinggal di sekitarnya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: