Iklan dempo dalam berita

Semut dan Burung Ada yang Dijamin Masuk Surga, Ini 10 Hewan yang Menjadi Penghuni Surga

Semut dan Burung Ada yang Dijamin Masuk Surga, Ini 10 Hewan yang Menjadi Penghuni Surga

10 hewan yang dijanjikan masuk surga, diantaranya ada semut dan burung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Surga adalah tujuan akhir setiap manusia. Kehidupan akan kekal di dalam surga. Untuk mencapainya, selama hidup, manusia terus menambah tumpukan amal ibadah.

Harapannya, kelak dalam hari perhitungan, timbangan amal jauh lebih berat, sehingga akhirnya menjadi penghuni surga.

Namun tahu Anda, ternyata tidak hanya manusia yang dijanjikan masuk surga. Setidaknya ada 10 hewan yang juga dijanjikan masuk surga.

Dalam Hasyiyah Qishah al-Mi’raj, Syekh Ahmad ad-Dardiri menyebutkan bahwa ada 10 hewan yang kelak akan masuk surga. Meski dalam kitab itu tidak disebutkan satu per satu secara lengkap, tetapi berikut ini disampaikan ulasan-ulasan singkatnya sesuai dengan yang dijelaskan kitab-kitab sirah dan tarikh. 

BACA JUGA:Pertanyaan Menggelitik, Apakah Penghuni Surga juga Merasa Lelah dan Mengantuk?

1. Buraq Tunggangan Nabi saw.

Buraq merupakan hewan surga yang dipilih malaikat Jibril untuk menjadi tunggangan Nabi saw menempuh perjalanan isra’-mi’raj. Buraq itu terpilih karena kerinduannya berjumpa dengan Sang Nabi saw.  

Nama Buraq sendiri berasal dari kata barqu yang berarti ‘kilat.’ Pasalnya, ia melaju dengan sangat cepat secepat kilat, sehingga mempersingkat waktu tempuh Rasulullah saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga ke Sidratul Muntaha dengan hanya waktu satu malam.       

Menurut sejumlah riwayat, Buraq merupakan hewan seperti kuda, berbulu putih, memiliki sayap di kedua pahanya, ukuran tubuhnya lebih besar dari keledai, namun lebih kecil dari kuda. 

Kelebihannya, selain berjalan cepat, kaki depannya bisa terangkat saat jalan menurun dan kaki belakang terangkat saat jalan menanjak. Kelak hewan ini akan kembali masuk surga. Demikian seperti hadis riwayat Abu Ya’la dari Ibnu Mas’ud.  

BACA JUGA:Keseringan Ngutang Sih, 5 Tanggal Lahir Ini Terlilit Tali Kemiskinan di Masa Tuanya

2. Unta Nabi Shaleh 

Allah memberi mukjizat kepada Nabi Shaleh berupa unta hamil yang keluar dari batu. Unta itu menghasilkan susu segar yang dapat dinikmati orang-orang sekampungnya. Namun di antara penduduk Tsamud ada yang jahat dan sampai tega membunuh unta tersebut. 

Akibat perbuatan kaum Tsamud itu, Allah menurunkan Azab hujan batu kepada mereka. Nabi Shaleh dan orang-orang beriman selamat, sementara mereka binasa. Dikabarkan, unta ini diperkenankan Allah untuk masuk surga.      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: