Iklan RBTV Dalam Berita

Ganti Baru Malah Gak Pakem, Ini Kenali Penyebab Rem Motor Cepat Habis

Ganti Baru Malah Gak Pakem, Ini Kenali Penyebab Rem Motor Cepat Habis

Ganti Baru Malah Gak Pakem, Ini Kenali Penyebab Rem Motor Cepat Habis--

Kotoran yang dibiarkan lama menempel pada sistem rem khususnya di area kampas rem akan mengganggu efektivitas kinerjanya. 

Selain itu, pasir dan kerikil halus yang menempel bisa menggores dinding kampas dan cakram.

BACA JUGA:Motor Matic Lawas Cocok Pakai Oli Kental atau Encer? Biar Nggak Salah Beli, Coba Cek di Sini

Caranya jauga mudah, cukup cuci dengan air bersih dan pastikan tak adalagi debu, pasir dan kotoran lain yang menempel pada kaliper dan pin fleksiblenya.

Hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata.

- Perhatikan jarak kampas rem dengan cakram

Pastikan kampas rem motor memiliki jarak bebas dengan cakram. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan yang terus menerus antara dua komponen tersebut meski tuas rem tak digunakan.

Adanya gesekan yang terjadi terus menerus antara cakram dan kampas rem akan membuat cakram dan kampas hangus. Dampaknya, rem bisa tak berfungsi secara normal.

BACA JUGA:Tangki Motor Bocor? Begini Cara Menambalnya Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel

- Lumasi laher atau bearing

Pelumasan yang baik pada laher bertujuan untuk menghindari terjadinya keausan pada laher yang membuat ban oleng. 

Kondisi tersebut bisa membuat cakram bersinggungan dengan kampas rem selama roda berputar. 

Selain riding jadi tak nyaman, jika dibiarkan dalam waktu lama bisa mengakibatkan kampas rem cepat aus.

- Rutin periksa dan ganti minyak rem

Gantilah minyak rem secara rutin tiap 20.000 KM atau sesuai buku petunjuk penggunaan. Selain itu, pastikan volume minyak rem di dalam tabung reservoir berada dalam batas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: