Iklan dempo dalam berita

Jangan Salah Oli, Ini Tips Memilih Oli untuk Motor Matic 125cc

Jangan Salah Oli, Ini Tips Memilih Oli untuk Motor Matic 125cc

--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM - Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen di dalamnya yang saling bergesekan. Berkat oli pergerakan komponen menjadi lebih halus dan ringan, sehingga membuat mesin tidak cepat rusak.

Sama halnya seperti sepeda motor manual, motor matic sapaan lain bagi motor bertransmisi otomatis juga membutuhkan oli mesin.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Begini Cara Sederhana Merawat Motor Matic

Hanya saja tingkat kekentalan oli untuk dua jenis motor tersebut berbeda. Maka dari itu, pemilihan oli harus jeli agar tidak terjadi masalah pada mesin di tengah perjalanan.Khusus motor matik berkapasitas mesin 125 cc telah mendominasi pasar dalam segmen kendaraan roda dua di Tanah Air.

Ternyata ada perbedaan antara oli motor matic dengan manual :
Sepeda motor matic dan manual memiliki sistem mesin yang berbeda. Maka, jenis oli yang digunakan untuk keduanya pun berbeda. Oli motor manual akan melapisi bagian girboksnya sehingga oli motor manual disebut juga dengan oli basah.

BACA JUGA:Punya Garansi Rangka 5 Tahun, Model Terbaru Honda Scoopy Sukses Memikat Pengunjung IMOS+ 2023

Sementara oli motor matic disebut dengan oli kering karena hanya bersirkulasi pada bagian mesin saja dan memiliki pelumas sendiri untuk bagian girboksnya. Pelumas girboks ini biasanya disebut oli transmisi, oli gardan, atau oli matik.

Sementara oli transmisi biasanya memiliki usia yang lebih lama dibanding oli mesin. Kira-kira setiap jarak tempuh 8.000 kilometer atau 8 bulan waktu pemakaian motor normal oli transmisi baru diganti.

BACA JUGA:Membanggakan, Pebalap Astra Honda Raih Dua Gelar Juara Nasional di Mandalika Racing Series

Untuk membedakan oli motor matic dan manual dapat dilihat pada kemasannya terdapat kode JASO atau Japanese Automotive Standart Association dengan kode MA atau MB. Kode JASO MA tertera untuk motor manual, sementara kode JASO MB yang tertera merupakan oli kering yang digunakan untuk motor matic.

Motor matik bermesin 125 cc menjadi pilihan favorit konsumen nasional berkat beberapa faktor. Selain memiliki lebih banyak ruang untuk akomodasi, motor matik dalam segmen ini sering dilengkapi dengan bagasi berkapasitas sedang yang cocok untuk membawa barang bawaan atau keperluan sehari-hari.

BACA JUGA:Safety Riding, Sebagai Pelopor Kesalamatan Berkendara, Astra Motor Bengkulu Edukasi FIF Astra

Harga terjangkau, fitur beragam, dan desain yang menarik juga menjadi alasan lain dalam memilih motor matik jenis ini.Kemudahan dalam perawatan juga menjadi daya tarik bagi motor matik bermesin 125 cc. Pilihan oli yang tepat adalah bagian penting dari perawatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: