Iklan dempo dalam berita

Ini Sedekah yang Paling Disukai Allah SWT, Ternyata Bukan Jenis Sedekahnya, tapi...

Ini Sedekah yang Paling Disukai Allah SWT, Ternyata Bukan Jenis Sedekahnya, tapi...

Jenis sedekah yang paling disukai allah swt--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada sejumlah aturan atau ketentuan dalam bersedekah agar perbuatan ini diterima Allah SWT dan bisa mendatangkan pahala. 

Rasulullah SAW dalam sabdanya menyebutkan jenis sedekah yang paling disukai Allah SWT. Disebutkan dalam kitab Yuhibbuna Allah karya Muhammad Akram Abdurrahim Al-Hashini, sedekah adalah amalan yang paling utama di antara amal-amal lainnya. Hal ini mengacu pada riwayat Umar bin Khattab RA yang mengatakan,

BACA JUGA:Berdasarkan Hadist, Ini Urutan Penerima Sedekah yang Dianjurkan, Termasuk Kepada Orang Memusuhi Kita

"Sesungguhnya amal-amal itu saling berbangga. Amal sedekah berkata, 'Aku adalah yang paling utama di antara kalian.'"

Sedekah yang Paling Disukai Allah

Allah SWT menyukai orang-orang yang gemar bersedekah dan malaikat selalu mendoakan orang yang bersedekah setiap hari, sebagaimana dijelaskan dalam buku Menjadi Bijak dan Bijaksana karya Ibnu Basyar.

Ada sejumlah hadits yang menyebutkan jenis sedekah yang paling utama. Menurut sebuah hadits yang termuat dalam kitab Syarh al-Asbab al-'Asyarah al-Mujibahli Mahabbatillah karya Abdul Aziz Mustafa, sedekah yang paling utama adalah yang dikeluarkan oleh orang yang rakus, takut miskin, dan berharap menjadi orang kaya.

BACA JUGA:Tikus Tidak Berani Masuk Rumah jika di Halaman Ada Tanaman Ini

Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, "Sedekah apa yang paling utama?" Rasulullah SAW kemudian menjawab,

أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلَ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لفُلان كَذَا وَلِفُلَانِ كَذَا أَلَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانٍ

Artinya: "Jika kamu mau mengeluarkan sedekah, sementara kamu adalah orang yang rakus, takut menjadi miskin, dan berharap menjadi orang kaya. Dan kamu tidak melalaikannya sampai saat ajalmu telah sampai di tenggorokan dan kamu mengatakan, 'Untuk si ini sebanyak ini, untuk si itu sebesar ini, dan seterusnya."

Menurut hadits lain sebagaimana dinukil Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi dalam Akhlaq Al-Islam, sedekah yang paling utama adalah sedekah yang dilakukan pada waktu sempit. Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:8 Keunggulan Briket Arang dari Cangkang Sawit, Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

"Sedekah paling utama adalah yang dilakukan susah payah oleh orang yang berkekurangan. Mulailah dari orang yang engkau nafkahi." (HR Muttafaq 'Alaih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: