Iklan dempo dalam berita

Jangan Simpan di Rak Pintu Kulkas, Ini 5 Cara Menyimpan Telur yang Aman dan Awet

Jangan Simpan di Rak Pintu Kulkas, Ini 5 Cara Menyimpan Telur yang Aman dan Awet

5 cara menyimpan telur yang baik dan awet--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Telur salah satu bahan di rumah yang hampir setiap saat ada. Alasannya, selain harga yang terjangkau, mengolah telur juga bisa dilakukan dengan cepat. 

Kalau buru-buru, telur adalah solusi yang cepat. Tinggal digoreng, langsung jadi dan sudah bisa disantap. Atau bisa juga dicampurkan saat membuat hidangan mie.

Karena hampir setiap saat ada di rumah, penting juga mengetahui cara menyimpan telur yang baik. Selama ini banyak yang menyimpan telut di rak lemari es atau kulkas. Namun ada ahli yang menyarankan agar tidak menyimpan telur di rak kulkas.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Beli Baru kalau Tandon Air Bocor, Begini Cara Mudah Menambalnya

Lalu bagaimana cara menyimpan telur yang aman dan awet? Simak ulasan berikut sampai selesai. 

1. Simpan telur dalam karton bawaan

Cara pertama menyimpan telur yang benar adalah membiarkannya berada di dalam wadah aslinya. Wadah yang terbuat dari karton dapat menjaga telur tetap segar.

Selain itu, karton dapat mencegahnya menyerap bau dan rasa dari makanan lain yang beraroma tajam di dalam kulkas melalui ribuan pori-pori kecil di kulit telur.

2. Simpan di dalam kulkas

Menyimpan telur di kompartemen bawaan yang berada di pintu kulkas bukan ide yang baik.

Pakar penyimpanan makanan Vlatka Lake dari Space Station menyebut, menyimpan telur pada kompartemen telur yang ada di pintu kulkas justru dapat mempercepat pembusukan telur.

BACA JUGA:Begini Cara Aktifkan OVO PayLater di Handphone, Syaratnya Mudah, Tenor hingga 12 Bulan

Ia menjelaskan, bagian yang menempel di pintu kulkas paling mudah mengalami perubahan suhu karena sering dibuka-tutup. Perubahan suhu itulah yang membuat telur lebih cepat busuk dibanding telur yang disimpan di tempat dengan suhu tetap.

"Penyimpanan telur bisa di dalam kulkas, tapi bukan di rak telur di pintu kulkas. Rak telur rentan terhadap perubahan suhu karena pintu kulkas yang terbuka dan tertutup bisa menyebabkan telur lebih cepat membusuk," ucap Lake dikutip dari IndiaToday.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: