Iklan dempo dalam berita

Rezeki Terasa Sulit, Mulai Biasakan Sedekah Subuh, Pertolongan Allah akan Datang

Rezeki Terasa Sulit, Mulai Biasakan Sedekah Subuh, Pertolongan Allah akan Datang

Saat rezeki sulit, mulai biasakan sedekah subuh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sejak terbangun dari tidur hingga menjelang tidur lagi, mayoritas waktu kita dihabiskan untuk mencari rezeki.

Perlu dipahami, rezeki tidak hanya sebatas bekerja dan mendapatkan upah. Harus ada amalan lain sehingga Allah SWT mencurahkan rezeki kepada kita.

Diantara amalan yang bisa dikerjakan untuk menarik rezeki yakni dengan sedekah subuh dan sholat Dhuha.

Sedekah subuh adalah kegiatan berbagi dengan cara mengeluarkan harta. Waktu mengamalkannya setelah sholat subuh.

BACA JUGA:Jangan Cuma Tahu Untungnya saja, Ini Ruginya Menggunakan Paylater

Sedekah subuh disebut sebagai amalan spesial, sebab seusai bersedekah malaikat akan mendoakan kita agar diganti oleh Allah SWT.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah', malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil." (HR Bukhari dan Muslim)

Sementara itu, sholat Dhuha adalah ibadah sunnah muakkad yang sangat dianjurkan, terutama ketika memohon kelancaran rezeki kepada Allah SWT. 

Sholat Dhuha dapat dikerjakan pada pagi hari ketika posisi matahari sudah naik kira-kira sepenggal.

BACA JUGA:7 Trik Mencegah Lumut Membandel Dalam Tandon Air, Salah Satunya Gunakan Air Tawas

Adapun, batas akhir pelaksanaannya ialah sebelum masuk waktu sholat Dzuhur. Anjuran sholat Dhuha tercantum dalam hadits riwayat Muslim yang berbunyi,

"Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma'ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 rakaat." (HR Muslim)

Keutamaan dari mengerjakan sedekah subuh ialah didoakan oleh para malaikat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: