Iklan dempo dalam berita

Sekilas Bani Tamim, Umat Nabi Muhammad yang Paling Gigih dan Berani Melawan Dajjal

Sekilas Bani Tamim, Umat Nabi Muhammad yang Paling Gigih dan Berani Melawan Dajjal

Bani Tamim, umat Nabi Muhammad yang kelak akan melawan dajjal--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu tanda kiamat adalah turunnya Dajjal ke bumi. Bagi umat Islam, kehadiran Dajjal sangat meresahkan, karena ia akan membuat akidah umat muslim terbolak-balik lewat fitnahnya.

Dajjal disebut-sebut sebagai salah satu tanda kiamat besar yang kelak berperang dengan umat Islam. Menurut sebuah hadits, ada satu umat Nabi Muhammad SAW yang paling gigih dalam melawan Dajjal.

Umat Nabi Muhammad SAW yang paling gigih melawan Dajjal adalah kalangan bani Tamim. Hal ini diterangkan dalam Mukhtashar Shahih Muslim karya Syaikh Al-Albani melalui riwayat Abu Zur'ah. Dia berkata,

BACA JUGA:Masa Jabatan Kades Maksimal 16 Tahun? Rombongan Kades Bergilir Temui Presiden Jokowi, Ini Hasilnya

أَبُو هُرَيْرَةَ لَا أَزَالُ أُحِبُّ بَنِي تَمِيمٍ مِنْ ثَلَاثٍ سَمِعْتُهُنَّ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ هُمْ أَشَدُّ أُمَّتِي عَلَى الدَّجَّالِ قَالَ وَجَاءَتْ صَدَقَاتُهُمْ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذِهِ صَدَقَاتُ قَوْمِنَا قَالَ وَكَانَتْ سَبِيَّةٌ مِنْهُمْ عِنْدَ عَائِشَةَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْتِقِيهَا فَإِنَّهَا مِنْ وَلَدِ إِسْمَعِيلَ

Artinya: "Abu Hurairah RA pernah berkata: “Saya akan senantiasa cinta kepada bani Tamim, karena saya pernah mendengar tiga hal langsung dari Rasulullah: Pertama, saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Mereka (bani Tamim) adalah umatku yang paling gigih melawan Dajjal. Kedua, Rasulullah SAW pernah bersabda ketika ada zakat dari bani Tamim, 'Ini adalah zakat kaum kami.' Ketiga, ada seorang tawanan perempuan dari bani Tamim di rumah Aisyah RA. Kemudian Rasulullah bersabda, 'Hai Aisyah, bebaskanlah dia! Karena dia adalah keturunan Ismail.'" (HR Muslim)

BACA JUGA:Yuk Cari Tahu Sebelum Membeli, Ini Jenis-Jenis Tandon Air Berserta Spesifikasinya

Bani Tamim pernah menjadi topik perbincangan di kalangan sahabat. Diceritakan dalam kitab Nihayatul 'Alam karya Muhammad al-'Areifi, ketika itu, seseorang berkata, "Bani Tamim terlambat dalam urusan ini."

Rasulullah SAW kemudian melihat ke arah bani Muzayyinah dan bertanya, "Dalam urusan apa kaum yang di dalamnya ada bani Muzayyinah ini terlambat?"

Salah seorang sahabat menjawab, "Bani Tamim terlambat dalam membayar sedekah (zakat) mereka."

Bersamaan dengan perbincangan itu, datanglah unta-unta merah dan hitam sebagai zakat dari bani Tamim dan Rasulullah SAW pun bersabda, "Itu dia, unta-unta dari kaumku."

BACA JUGA:7 Rekomendasi Paylater, Belanja Makin Puas Tanpa Kredit Agunan

Rasulullah SAW juga pernah membela bani Tamim tatkala salah seorang pria dari kalangan itu dihina di hadapan Nabi SAW. Beliau pun bersabda, "Janganlah kalian mengatakan apa pun tentang bani Tamim kecuali kebaikan. Sebab, mereka adalah orang yang paling berani melawan Dajjal." (HR Ahmad. al-Haitsami mengatakan dalam Majma' az-Zawa'id bahwa perawi hadits tersebut adalah perawi hadits shahih)

Ini Sekilas tentang Bani Tamim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: