Iklan dempo dalam berita

Gulai Gurita Kering Makanan Khas Orang Kaur, Konsumsi Gurita Juga Bisa Cegah Anemia

Gulai Gurita Kering Makanan Khas Orang Kaur, Konsumsi Gurita Juga Bisa Cegah Anemia

Setelah dibersihkan, Gurita dibelah menyerupai sebuah layangan yang bagian kepala dan badannya diberi penahan sebilah bambu--

Langkah 6

Gulai Gurita Kering Khas Kaur siap dihidangkan untuk keluarga tercinta.

Gurita Kering sendiri, paling cocok untuk dijadikan oleh - oleh mentah yang tidak mudah membusuk, seperti Gurita basah yang membutuhkan lemari es.

Lalu adakah manfaat mengkonsumsi Gurita bagi kesehatan? Dikutip dari hellosehat.com beberapa manfaat konsumsi gurita diantaranya: 

1. Menjaga kesehatan jantung 

Gurita merupakan sumber asam lemak omega-3, sama dengan sumber boga bahari lainnya. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated) yang memiliki sejumlah manfaat dan sayangnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh Anda.

Salah satu manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini dapat menurunkan tekanan darah Omega-3 juga memiliki agen antiperadangan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah sejumlah gangguan jantung. Selain itu, kandungan asam amino dan taurin pada daging gurita juga memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol.

2. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Protein adalah salah satu makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pasalnya, sekitar 20 persen tubuh manusia tersusun dari protein sehingga penting bagi Anda memenuhi kebutuhan protein setiap hari.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan taurin pada gurita telah diteliti memiliki sifat antikanker. Taurin juga bekerja sebagai antioksidan dalam melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel dari berbagai kerusakan yang terkait dengan kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Manfaat kandungan mineral penting pada gurita, seperti magnesium dan fosfor sangat penting untuk sel-sel otak. Kedua mineral ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, kemampuan memori, perkembangan kognitif, dan proses belajar.

Apabila Anda memperoleh cukup asupan mineral penting salah satunya melalui daging gurita, hal ini bisa mengurangi risiko penyakit kognitif degeneratif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer pada orang dewasa dan lansia.

Sementara itu, menjaga kesehatan sel-sel otak dan fungsinya pada anak-anak juga bisa membantu proses pembelajaran mereka. Salah satunya anak-anak bisa dengan lebih mudah menyerap informasi yang mereka dapatkan.

5. Meredakan migrain

Migrain atau dikenal sebagai sakit kepala sebelah adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan saraf pada otak. Hal ini ditandai dengan serangan sakit kepala yang intens, melemahkan, dan berulang. Kondisi ini bahkan terjadi pada 1 dari 7 orang di dunia, lhoManfaat gurita lainnya adalah dapat meredakan dan mencegah sakit kepala akibat migrain berkat kandungan magnesium di dalamnya.

6. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada 100 gram daging gurita cukup tinggi, yakni sekitar 5,3 miligram. Manfaat zat besi pada gurita sangat penting untuk pembentukan hemoglobin, yakni protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh manusia.

Kekurangan hemoglobin dalam darah bisa menimbulkan gangguan yang disebut anemia. Wanita haid yang kehilangan banyak darah tentu memiliki peluang tinggi menderita anemia, sehingga membutuhkan makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

(Febrianto Romadhon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: