Iklan RBTV Dalam Berita

Ada 3 Jenis Oli Mesin yang Beredar di Pasaran, Pahami Arti Kode Huruf dan Angka di Botol Kemasan

Ada 3 Jenis Oli Mesin yang Beredar di Pasaran, Pahami Arti Kode Huruf dan Angka di Botol Kemasan

--

Sebab oli pada mesin mobil bertugas untuk mendinginkan dan melindungi lapisan-lapisan halus pada komponen dalam mesin. Oli inilah yang melindungi dan mencegah benturan antar logam di dalam mesin agar bergesekan seminimal mungkin. 

BACA JUGA:Jangan Salah, Oli Motor Matic 0,8 L, Bila Berlebih Motor Bisa Overheat

Tanpa adanya oli, bisa dipastikan mesin tersebut akan rusak. Sebab pergerakan komponen di dalam mesin tidak ada yang melumasi dan logam antar logam langsung bergesekan. 

Untuk itu sangat penting memilih oli yang tepat berdasarkan jenis oli. Oli mesin sebenarnya terdiri dari 3 jenis bahan yang sering digunakan.

Jenis Oli Mesin

Yang pertama adalah oli berbahan mineral, semi sintetik dan sintetik. Ketiganya memiliki material yang berbeda-beda dan tidak semua jenis oli ini cocok dipakai pada semua jenis mobil.

1. Oli Mineral

Pelumas jenis ini terbuat dari material yang ada di perut bumi, alias minyak bumi. Seiring berjalannya waktu oli jenis ini perlahan mulai ditinggalkan. 

Harga jualnya juga terbilang cukup terjangkau. Biasanya mobil yang memakai oli jenis ini adalah mobil bermesin Diesel. 

Itulah alasannya mengapa banyak pabrikan mengurangi produksi mobil bermesin Diesel. Agar lebih ramah lingkungan kedepannya. 

BACA JUGA:Hai Vario Lovers, Ini Cara Periksa dan Ganti Oli Honda Vario 125 Kesayanganmu

2. Oli Semi Sintetik

Mayoritas material yang digunakan pada pelumas ini berbahan alami yang dicampur aditif serta indeks viskositas. Kasarnya, oli mineral dicampur dengan aditif dengan kandungan mineralnya sekitar 50%. 

Biasanya mobil yang memakai oli semi sintetik ini adalah mobil penumpang. Mobil-mobil kekinian produksi terbaru banyak yang memakai oli jenis seperti ini. 

BACA JUGA:Jangan Tergiur Harga Murah di Pasaran, Ini 5 Cara Bedakan Oli Matic Asli dan Palsu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: