Iklan dempo dalam berita

Jelang Pemilu 2024,Komunitas Harapan Indonesia dan Polda Bengkulu Gelar FGD Kerukunan dan Toleransi

Jelang Pemilu 2024,Komunitas Harapan Indonesia dan Polda Bengkulu Gelar FGD Kerukunan dan Toleransi

--

Penting untuk memahami bahwa semua agama mengajarkan nilai-nilai universal seperti cinta, toleransi, perdamaian, dan keadilan. Meskipun ada perbedaan dalam praktik ibadah dan kepercayaan, nilai-nilai tersebut adalah inti dari setiap agama dan dapat menjadi landasan bagi kita dalam merajut kerukunan umat beragama.

Ada sembilan kunci moderasi beragama yang harus dijaga. Pertama selalu menanamkan nilai kemanusiaan di dalam diri dan kehidupan bermasyarakat. Kemudian, selalu menjaga kemaslahatan umum dengan tidak mengganggu ketertiban umum, selalu berlaku adil dan berimbang, mentaati konstitusi, berkomitmen dalam berkebangsaan, saling toleransi dan anti kekerasan, serta saling menghormati dan menghargai setiap tradisi dan perbedaan.

BACA JUGA:Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus Kembar Tapi Beda Harga, Ini Perbedaannya

Kerukunan umat beragama merupakan salah satu fondasi utama bagi kemajuan dan kedamaian dalam masyarakat. Ketika terciptanya lingkungan yang saling menghormati dan saling memahami satu sama lain, maka kehidupan harmonis akan terbangun dengan kokoh. "Kerukunan beragama bukan hanya tanggung jawab satu kelompok agama atau komunitas, tetapi juga tugas bersama bagi semua individu di dalam masyarakat," Ujar Dr. Sukrianto, M.pd KUB Kanwil Kemenag Bengkulu dalam penyampaian materinya. (Tim Liputan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: