Iklan dempo dalam berita

Penting, Mitra Statistik BPS Harus Menguasai 6 Kecakapan Berikut, Nomor 1 Pintar Ngomong

Penting, Mitra Statistik BPS Harus Menguasai 6 Kecakapan Berikut, Nomor 1 Pintar Ngomong

6 skill yang harus dikuasai mitra statistik BPS--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi mitra statistik. 

Untuk diketahui mitra statistik adalah tenaga kerja yang direkrut oleh BPS untuk menunjang kegiatan statistik di suatu wilayah. Mitra statistik ini dapat ditugaskan sebagai petugas pendataan lapangan, petugas pengolahan data  ataupun sebagai petugas pemetaan.

Walaupun masa kontraknya dalam periode tertentu, namun seorang mitra statistik BPS tidak bisa sembarang orang. Mereka yang kelak terpilih sebagai mitra statistik harus lah menguasai beberapa skill atau kecakapan.

BACA JUGA:8 Hewan Ini Menurut Primbon Jawa Pembawa Rezeki, Nomor 3 Hewan yang Disukai Semua Orang

Dihimpun dari beberapa sumber, berikut ini kecakapan yang harus dimiliki seorang mitra statistik BPS.

1. Pintar Berkomunikasi 

Jadi petugas sensus itu harus jago ngomong. Minimal bisa memperkenalkan diri dengan baik, menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan, dan bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuesioner dengan singkat, padat, dan jelas. Bayangkan kalau ngomongnya belibet, malah bikin ilfil si responden untuk jawab pertanyaan.

2. Mahir negosiasi

Banyak juga lho responden yang nggak mau didata. Alasannya kalau nggak sibuk, ya malas saja. Makanya petugas sensus harus jago negosiasi. Kalau si responden nggak mau diwawancara siang hari, coba nego untuk wawancara di pagi, sore, atau malam hari. Kalau si responden nggak bisa diwawancara di hari kerja, coba nego untuk wawancara di akhir pekan. Pokoknya nego terus sampai si responden mau diwawancara dan dapat jawabannya.

BACA JUGA:Anda Disarankan Tanam 5 Jenis Tanaman Hias Ini, Selain Percantik Rumah juga Mempermudah Rezeki

3. Bisa bahasa daerah

Ini nggak wajib sih, tapi jadi nilai tambah buat seorang petugas sensus. Biasanya responden lebih welcome kalau ditanya petugas menggunakan bahasa daerah. Ada semacam kedekatan psikologis antara petugas sensus dan responden. Kalau sudah begini, responden bakal menjawab pertanyaandengan senang hati. Biasanya sih, begitu.

4. Bisa baca peta

Memang sih nggak semua orang bisa membaca peta, khususnya peta di Google Maps. Tapi kalau kamu direkrut jadi petugas sensus, membaca peta adalah skill yang wajib kamu miliki. Bukannya apa-apa, ketika bertugas ke lapangan, para petugas akan dibekali peta wilayah tugasnya. Di situ tertera batas-batas wilayah tugas lengkap dengan landmark-nya. Jangan sampai malah bertugas di tempat yang bukan wilayah tugasnya. Bisa dobel pendataan kalau begitu. Gawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: