Iklan dempo dalam berita

6 Tips Menyimpan Bawang Agar Tidak Cepat Busuk, Bukan di Kulkas

6 Tips Menyimpan Bawang Agar Tidak Cepat Busuk, Bukan di Kulkas

6 Tips Menyimpan Bawang Agar Tidak Cepat Busuk, Bukan di Kulkas--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bawang adalah bahan dapur yang umum digunakan dalam berbagai hidangan, tetapi menyimpannya dengan benar dapat menjadi tantangan. 

Menyimpan bawang di dalam kulkas dapat menyebabkannya cepat busuk karena kondisi di dalam kulkas tidak selalu ideal untuk jenis bahan makanan ini. Beberapa alasan utama meliputi:

BACA JUGA:18 Jenis Makanan yang Pantang Disimpan di Dalam Kulkas, Termasuk Buah-buahan

• Kelembaban Tinggi

Kulkas umumnya memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi daripada yang diperlukan oleh bawang. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri pada bawang, mempercepat proses pembusukan.

• Suhu Rendah

Suhu dingin di dalam kulkas dapat merusak sel-sel bawang dan menyebabkan perubahan tekstur serta mempercepat dekomposisi. Bawang cenderung lebih baik disimpan pada suhu ruangan yang lebih hangat.

BACA JUGA:6 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Jangan Taruh di Rak Pintu Kulkas, Ini Alasannya

• Paparan Gas Etilen

Beberapa buah dan sayuran menghasilkan gas etilen, yang dapat mempercepat penuaan dan pembusukan pada bawang. Jika bawang disimpan bersama dengan buah atau sayuran yang menghasilkan gas ini, dapat mempercepat kerusakan bawang.

Sebaiknya, bawang disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan terlindung dari sinar matahari langsung. 

Tempat penyimpanan seperti ruang dapur dengan sirkulasi udara yang baik lebih cocok untuk menjaga kesegaran bawang dalam jangka waktu yang lebih lama. 

BACA JUGA:Bunda, Begini Lho Cara Mudah Bersihkan Freezer Kulkas

Selain itu, memisahkan bawang merah dan putih serta menyimpannya terpisah dari bahan makanan lain dapat membantu mencegah penularan bau dan memperpanjang umur simpan bawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: