Iklan dempo dalam berita

Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sakit gigi menjadi momok paling menakutkan bagi semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan tua sekalipun. Mayoritas sakit gigi disebabkan oleh kurangnya kita menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta abai dalam membersihkan semua sisa makanan yang masuk ke dalam mulut.

Gigi busuk adalah kondisi kerusakan gigi permanen pada permukaan gigi, baik berupa pengeroposan gigi atau gigi berlubang. Pembusukan di gigi diawali dari infeksi bakteri yang menyebabkan lubang. Jika lubang tidak segera dirawat, lama kelamaan infeksi akan semakin parah dan membuat gigi membusuk. 

BACA JUGA:Kesempatan Terbaik, Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Gejala gigi busuk

Awal kerusakan gigi mungkin tidak disadari dan tidak menunjukkan gejala khusus. Tetapi seiring waktu, kerusakan gigi yang tidak diatasi dapat meluas dan mencapai bagian gigi yang lebih dalam. Ketika gigi sudah busuk, maka gejala yang mungkin dirasakan antara lain:

1. Gigi nyeri hebat berdenyut 

2. Sensitif terhadap makanan atau minuman panas dan dingin

3. Makanan mudah menyangkut karena lubang di gigi sudah membesar 

4. Napas berbau tidak sedap

5. Rasa pahit di mulut

6. Pipi bengkak

Gigi busuk bukan hanya masalah pada orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Pada anak-anak, gejala yang muncul bisa ditambah dengan rasa tidak nyaman dan demam yang mengindikasikan terjadinya infeksi pada gigi.

BACA JUGA:Kusen atau Pintu dari Kayu Rawan Dimakan Rayap, Begini Cara Mencegahnya

Gigi busuk terjadi karena akumulasi beberapa masalah pada gigi sekaligus. Beberapa hal yang bisa menjadi pemicunya seperti:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: