Iklan dempo dalam berita

Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

--

1. Tidak menjaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi serta menggunakan dental floss sangat penting untuk mengangkat plak dan memastikan gigi tetap sehat. Gosok gigi dua kali sehari terutama setelah makan. Tak hanya itu, periksakan kesehatan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

2. Pola makan

Pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan gigi rusak hingga lama kelamaan menjadi busuk, terutama jika pola makan didominasi makanan manis dan lengket. 

Gula adalah makanan bakteri yang bisa merusak gigi. Jika makanan yang kamu konsumsi banyak mengandung gula dan lengket di permukaan gigi sehingga sulit dibersihkan, maka gigi jadi mudah berlubang. 

BACA JUGA:Promo Akhir Tahun 2023 Bertebaran, Intip 10 Tips Berburu Diskon Akhir Tahun Agar Tidak Rugi

3. Mulut kering

Tahukah kamu kalau salah satu fungsi air liur adalah membersihkan rongga mulut? Jadi, kalau mulut kering, bakteri justru akan lebih mudah berkembang biak dan membuat gigi rentan berlubang dan pada akhirnya membusuk. 

4. Gigi tak rata

Susunan gigi yang tidak rata terkadang membuat sikat gigi sulit menjangkau area tertentu. Akibatnya, plak bisa menempel di bagian yang sulit terjangkau itu dalam waktu yang lama. Alternatif penanganannya adalah dengan meratakan permukaan gigi sehingga tidak ada risiko penumpukan plak.

BACA JUGA:7 Tips Berburu Promo Tiket Pesawat Murah Liburan Akhir Tahun, Jangan Sampai Kelewatan

5. Penggunaan botol dot

Pada anak-anak, gigi busuk bisa terjadi karena penggunaan botol dot dalam jangka panjang. Utamanya, apabila anak kerap minum dot hingga tertidur setelah minum susu atau minuman manis lainnya. Ketika ini yang terjadi, gula bisa terakumulasi di permukaan gigi dan menyebabkan rentan terjadinya gigi berlubang.

Ada beberapa pilihan perawatan gigi busuk yang dapat dilakukan berdasarkan tingkat keparahan dan gejala lainnya.

1. Perawatan fluoride

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: