Iklan dempo dalam berita

Cara Alami Cegah Gigi Berlubang, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula

Cara Alami Cegah Gigi Berlubang, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Satu fakta yang cukup menyedihkan yaitu hampir semua masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun orang dewasa, setidaknya mempunyai satu gigi yang berlubang. Padahal, mencegah gigi berlubang bukanlah perkara sulit. Melakukan cara untuk mencegah gigi berlubang juga akan menghindari Anda dari berbagai ketidaknyamanan, seperti bau mulut, sakit gigi, hingga gigi yang ompong.

Baik yang bisa dilakukan sendiri maupun dengan perawatan dokter, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga gigi tetap utuh.

BACA JUGA:Ternyata Bukan Cuma Permen yang Merusak Gigi, Buah yang Mengandung Asam Bisa Sebabkan Gigi Rusak

Cara mencegah gigi berlubang secara alami lewat perawatan rumahan. Untuk menghindari terjadinya gigi berlubang, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, seperti berikut ini.

1. Mengunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet setelah makan, dipercaya dapat membantu mengangkat sisa-sisa makanan di permukaan gigi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mencegah gigi berlubang dengan memicu permukaan gigi memproduksi mineral baru, agar mineral yang hilang tidak membuat gigi jadi berlubang.

Kemampuan ini didapatkan dari kandungan xylitol pada permen karet. Xylitol, memiliki kemampuan untuk menstimulasi keluarnya air liur, meningkatkan pH plak, dan mengurangi terbentuknya bakteri penyebab gigi berlubang.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut tetap perlu dilakukan untuk mendukung teori ini.

BACA JUGA:5 Cara Mengempiskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Untuk mencegah gigi berlubang, Anda perlu cukupi kebutuhan vitamin D. Sebab, vitamin ini turut berperan dalam penyerapan mineral yang baik untuk kesehatan seperti kalsium dan fosfat yang didapat dari asupan makanan sehari-hari. Vitamin D bisa didapatkan dari asupan seperti susu dan produk olahannya serta sinar matahari.

3. Membatasi konsumsi makanan manis

Gigi berlubang disebabkan berbagai macam faktor, salah satunya kebiasaan konsumsi makanan manis secara berlebihan. Jadi, jika ingin mencegahnya, hindari makanan yang manis maupun lengket di gigi. Sebab, kedua jenis makanan tersebut bisa jadi sasaran empuk bakteri penyebab gigi berlubang.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: