Iklan dempo dalam berita

Efek Mother wound, Peranan Bunda Sangat Vital Agar Anak Tak Mengalami Luka Batin

Efek Mother wound, Peranan Bunda Sangat Vital Agar Anak Tak Mengalami Luka Batin

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mother wound adalah istilah untuk menggambarkan bekas luka batin yang mungkin dibawa seseorang sejak masa kanak-kanak, terutama karena sosok ibu tidak hadir sepenuhnya atau saling tidak merasa terhubung. 

"Mother wound adalah perasaan terpisah yang didapat seorang anak dari ibunya. Ini bisa terjadi karena anak merasa tidak dicintai, ditinggalkan, atau takut mengungkapkan emosi, yang sering kali membuat anak merasa sakit hati dan bingung," ungkap psikolog Carolyn Rubenstein, PhD.

BACA JUGA:Tersenyum Tapi Tak Lepas, Mungkin Kamu Mengalami Luka Batin, Coba Kenali Tandanya

Menurut psikoterapis Jacob Brown, peran seorang ibu sangat penting dalam perkembangan anak-anak, memberi mereka rasa cinta dan penerimaan. Jika anak tidak menerima hal tersebut, ada implikasi mental dan emosional yang rentan terjadi.

"Kualitas ikatan antara orang tua atau pengasuh dan anak berdampak langsung pada kesehatan mental dan stabilitas emosi mereka di masa depan," jelas Brown.

Ketika bonding antara ibu dan anak terputus, anak rentan mengalami luka batin. Luka-luka ini mungkin berdampak lama pada perkembangan citra diri positif anak dan pada kemampuan mereka untuk membentuk hubungan yang dalam dan langgeng saat dewasa.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Pendamping Lokal Desa, Pendapatan hingga Rp 9 Juta per Bulan, Pendidikan Minimal SMA

Ada beberapa faktor yang dipercaya bisa menyebabkan timbulnya mother wound. Termasuk seperti pola asuh dan komunikasi yang kurang hangat, kurang terbuka, dan kekerasan secara verbal maupun fisik.

Silent treatment alias mendiamkan anak untuk menghukum saat ada konflik juga bisa menjadi penyebab mother wound. 

Bonding yang kurang terjalin seperti merasa kurang mendapatkan dukungan dan empati saat sedang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab lain mother wound. Termasuk juga melarang anak melakukan kesalahan dan tidak memperbolehkan anak mengekspresikan emosi negatif.

BACA JUGA:Seleksi Pendamping Lokal Desa, Lulusan SMA Bisa Daftar, Segini Gaji yang Bakal Diterima

Apa tanda anak mengalami mother wound?

Lalu seperti apa saja tanda-tanda seorang anak mengalami mother wound alias luka batin karena ketidakhadiran sosok ibu? Berikut ulasannya:

1. Kurang percaya diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: