Iklan dempo dalam berita

7 Jenis-Jenis Istirahat Bukan Hanya Tidur, Salah satunya Istirahat Mental

7 Jenis-Jenis Istirahat Bukan Hanya Tidur, Salah satunya Istirahat Mental

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Selama ini kita selalu mengenal namanya istirahat itu identik dengan tidur. Ternyata berdasarkan rangkuman yang dilansir dari Siloam Hospital, banyak jenis istirahat yang belum dipahami oleh masyarakat luas.

Sama halnya dengan rasa lelah, seseorang tidak hanya bisa merasakan lelah secara fisik tetapi juga mental, emosional, dan lain-lain. Lantas, apa saja jenis-jenis istirahat yang perlu dipahami dan diterapkan? 

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Alami Trust Issue Alias Tak Percaya Orang Lain, Begini Cara Mengatasinya

Berbicara mengenai istirahat, sebagian besar orang pasti akan mengartikannya dalam konteks fisik, seperti berhenti sejenak dari melakukan aktivitas atau tidur. Padahal, jenis-jenis istirahat cukup beragam, tidak hanya berkaitan dengan fisik. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Istirahat

Perlu diketahui bahwa istirahat adalah bagian dari proses pertumbuhan, perkembangan, serta regenerasi tubuh yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jadi, untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik secara fisik, mental, serta aspek lainnya, terdapat jenis-jenis istirahat yang perlu dicukupi.

BACA JUGA:Efek Mother wound, Peranan Bunda Sangat Vital Agar Anak Tak Mengalami Luka Batin

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk menghilangkan rasa lelah.  

1. Istirahat Fisik

Istirahat fisik artinya mengistirahatkan tubuh dari aktivitas rutin harian yang melibatkan fisik. Istirahat fisik biasanya dilakukan setelah selesai melakukan aktivitas, seperti bekerja, berolahraga, atau kegiatan apa pun yang mengeluarkan energi.

Terdapat dua komponen dalam jenis istirahat ini, yaitu pasif dan aktif. Komponen aktif adalah jenis istirahat fisik yang melibatkan aktivitas, seperti pijat, peregangan, atau yoga. Sementara itu, komponen pasifnya meliputi tidur yang berkualitas.

BACA JUGA:Tersenyum Tapi Tak Lepas, Mungkin Kamu Mengalami Luka Batin, Coba Kenali Tandanya

2. Istirahat Mental

Tidak hanya lelah secara fisik, manusia juga bisa mengalami kelelahan mental. Karenanya, dibutuhkan istirahat mental untuk menenangkan perasaan, membuat pikiran menjadi lebih jernih, mudah menerima dan mengingat informasi, serta terhindar dari stres berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: