Iklan dempo dalam berita

6 Risiko Sering Telat Ganti Oli, Bukan Hanya Boros BBM, Risiko Terburuk Turun Mesin

6 Risiko Sering Telat Ganti Oli, Bukan Hanya Boros BBM, Risiko Terburuk Turun Mesin

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Seperti yang kita ketahui, oli sangatlah penting untuk sebuah kendaraan. Namun, apa jadinya bila kita telat ganti oli ? Fungsi oli bukan hanya sebagai pelumas, tapi juga sebagai penjaga dan pembersih mesin kendaraan, agar tidak retak atau tergerus karena gesekan antara komponen mesin. Salah satu cara untuk menjaga mesin terus bekerja optimal yakni menggunakan oli yang tepat serta waktu penggantian oli yang sesuai dengan saran pabrikan.

Karena oli juga memiliki masa pakai, biasanya ditentukan dengan seberapa banyak dan sering mesin bekerja atau digunakan. Bila telat mengganti oli, atau lebih parah sampai tidak menggantinya, bukannya tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan mesin. Yuk intip efek yang timbul saat Anda lupa mengganti oli.

BACA JUGA:Begini Cara Cek Oli Mobil Dirumah, Kenali Tanda di Disptik Agar Tahu Level Oli Tersisa Dalam Mesin

Berikut risiko telat ganti oli mobil:

1. Mesin tak bertenaga

Oli yang tak kunjung diganti akan menurunkan kualitas dan membuat mesin semakin tidak bertenaga. Performa kendaraan yang tadinya lebih ringan untuk berakselerasi akan berubah menjadi semakin berat. Telat ganti oli juga bisa menimbulkan suara dari bagian mesin yang cukup mengganggu. Suara itu muncul dari gesekan antarkomponen mesin yang tak terlumasi dengan baik.

Hal itu dapat terjadi karena oli sudah kotor dan bisa menimbulkan sumbatan pada nosel serat saluran oli.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Orang Salah Memilih Oli Mobil, Waspada Beli Oli Palsu

2. Boros bahan bakar

Oli tidak hanya berfungsi untuk melumasi, tapi juga menyerap panas. Oli yang kotor akan membuat tarikan mesin berat yang dampaknya cukup besar pada pembakaran. Akibat telat ganti oli, mesin bekerja lebih keras dan bahan bakar yang dibutuhkan otomatis lebih banyak, alhasil mobil akan lebih boros bahan bakar.

3. Muncul kerak di mesin

Gesekan yang terjadi antarkomponen mesin akan menimbulkan kotoran berupa kerak. Kotoran ini bisa bercampur oli yang membuatnya berubah menjadi hitam. Kotoran yang menumpuk ini dapat menjadi kerak pada permukaan mesin ketika oli tidak diganti. Bila dibiarkan kerak akan sulit dibersihkan dan berpotensi merusak mesin dalam waktu lama.

BACA JUGA:Cara Memilih Oli Mesin Terbaik, Wajib Sesuaikan Dengan Karakter Mobil Anda

4. Mudah kepanasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: