Iklan dempo dalam berita

Terkaya di Sumatera, Ternyata Ini Potensi Kabupaten Anambas

Terkaya di Sumatera, Ternyata Ini Potensi Kabupaten Anambas

Ist--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak yang belum tahu Kabupaten Anambas. Padahal kabupaten ini terkaya di Pulau Sumatera, jika berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).  

Mau tahu Kabupaten Kepulauan Anambas? Adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tarempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.

BACA JUGA:Ini Dasar Harga Sawit Diprediksi Tembus Rp 4.000 per Kilogram

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak terlepas dari sejarah Kabupaten Kepulauan Riau (sekarang Kabupaten Bintan) yang hingga saat ini Kabupaten Kepulauan Riau telah dimekarkan menjadi 7 Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Harga Sawit Mahal, Ini Cara Menanam yang Benar, Petani di Sumatera Harus Paham

Yaitu Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Jumlah Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2022 berjumlah 10 kecamatan. Antara lain Kecamatan Siantan, kecamatan Palmatak, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Tengah, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Jemaja Timur, Kecamatan Jemaja, Kecamatan Jemaja Barat, Kecamatan Siantan Kecamatan Kute Siantan.

BACA JUGA:B35 Mulai 1 Februari, Harga TBS Sawit Diprediksi Rp 4.000. Cek Harga TBS Hari Ini di Bengkulu dan Jambi

Kepulauan Anambas disebut juga sebagai Pesona Kawasan Terluar Indonesia yang eksotis. Kepulauan Anambas yang terletak di ujung Utara Pulau Sumatera dan berbatasan dengan sejumlah negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Kepulauan Anambas berlokasi di kawasan Laut Cina Selatan, tepatnya di antara Kalimantan, Malaysia Timur dan Barat, serta berbatasan langsung dengan Singapura.

BACA JUGA:Suatu saat Solar yang Dijual 100 Persen Minyak Kelapa Sawit. Ini Penjelasan Bioenergi, BBN, B20, B30 dan B35

Dengan luas total 637,1 km², Kabupaten Anambas memiliki 238 pulau yang diisi potensi wisata dan keanekaragaman hayati yang menawan. Bahkan pada tahun 2012, CNN menobatkan Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Banyak yang berpendapat bahwa keindahannya sebanding dengan Raja Ampat, bahkan Maladewa.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, terdapat 25 kabupaten/kota terkaya di Pulau Sumatera, yang dinilai berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita tertinggi.

BACA JUGA:Sawit Jadi BBN B100, Petani Sumsel, Jambi dan Bengkulu Bakal Kaya Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: