Iklan dempo dalam berita

Ada Bantuan dari Pemerintah, Begini Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat

Ada Bantuan dari Pemerintah, Begini Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat

Cara daftar Kartu Indonesia Sehat--

Isi semua data yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 12 Jurusan dengan Biaya Murah di Kampus Indonesia

Pilih fasilitas kesehatan yang diinginkan sebagai faskes tingkat pertama.

Isi alamat email. Pihak JKN akan mengirimkan kode verifikasi ke email tersebut.

Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email pada aplikasi.

Perbedaan KIS dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) terletak pada beberapa aspek utama, sebagai berikut:

Kelompok Sasaran

BPJS menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat kelas menengah hingga atas dengan tiga kelas berbeda, yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III, dengan iuran bulanan yang berbeda-beda. Sedangkan KIS ditujukan untuk masyarakat kurang mampu dan tidak memiliki pembagian kelas. Biaya pelayanan KIS sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

BACA JUGA:Peluang Jadi Mitra Statistik BPS, Ini Skill yang Perlu Dikuasai Pelamar

Fasilitas Kesehatan

Peserta BPJS hanya dapat berobat di fasilitas kesehatan yang telah mereka pilih sebelumnya, dan baru akan dirujuk ke fasilitas lain jika faskes tersebut tidak dapat memberikan layanan yang dibutuhkan. Namun, KIS dapat digunakan di berbagai fasilitas kesehatan tanpa harus terikat dengan pilihan faskes pribadi.

Jenis Layanan

Meskipun keduanya merupakan layanan kesehatan yang dijamin oleh pemerintah, BPJS Kesehatan hanya dapat digunakan ketika peserta memang membutuhkan penanganan medis atau dalam kondisi sakit. Sedangkan KIS memiliki manfaat yang lebih luas, karena kartu ini dapat digunakan untuk langkah pencegahan selain sebagai akses pengobatan. 

Pemegang kartu KIS dapat memanfaatkannya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berkala dan mendapatkan informasi terkait kesehatan yang berguna untuk mencegah timbulnya penyakit.

KIS juga menyediakan layanan pendaftaran secara online yang bertujuan untuk mempermudah dan lebih efisien bagi calon peserta. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi JKN Mobile di handphone Anda dan mengikuti langkah-langkah sederhana untuk mendaftarkan diri. Prosesnya mudah dan cepat, sehingga Anda tidak perlu repot bolak-balik mengurus berkas-berkas yang diperlukan untuk registrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: