Iklan dempo dalam berita

Kartu KIS Syarat Dapat Bansos, Begini Cara Mengurus Kartu jika Hilang

Kartu KIS Syarat Dapat Bansos, Begini Cara Mengurus Kartu jika Hilang

Cara mengurus kartu indonesia sehat hilang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak manfaat yang didapati masyarakat jika terdaftar sebagai peserta Kartu Indonesia Sehat atau KIS. Tidak hanya kemudahan ketika berobat, namun dengan memiliki kartu KIS juga bisa mendapatkan bansos.

Kartu KIS adalah kartu identitas kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Kartu KIS diberikan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program JKN ini dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. 

BACA JUGA:Sapu Bersih Tes Kompetensi, Ini Contoh Soal dan Gaji Mitra Statistik BPS

Melalui kartu ini, peserta JKN dapat mengakses pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kartu KIS Hilang

Kejadian kehilangan kartu KIS memang tidak diinginkan, namun kadang-kadang hal tersebut dapat terjadi. Jika Anda kehilangan kartu KIS, Anda tidak perlu panik. 

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengurus kartu KIS yang hilang, berikut adalah panduan langkah-langkahnya:

Melaporkan kehilangan kartu KIS pada kantor BPJS Kesehatan terdekat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melaporkan kehilangan kartu KIS pada kantor BPJS Kesehatan terdekat. 

BACA JUGA:740 Peserta Ikuti SKD Formasi PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan, 10 Peserta Dinyatakan Gugur

Anda dapat langsung datang ke kantor tersebut atau menghubungi nomor telepon yang tersedia untuk melaporkan kehilangan kartu. Pastikan Anda menyediakan informasi yang akurat tentang kartu yang hilang, seperti nomor kartu, nama lengkap, dan informasi lain yang diminta.

Mengisi formulir penggantian kartu

Setelah melaporkan kehilangan kartu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir penggantian kartu. Formulir ini berisi data pribadi dan informasi penting lainnya yang diperlukan untuk proses penggantian kartu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: