Iklan RBTV Dalam Berita

12 Jenis dan Merek Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia 2023

12 Jenis dan Merek Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia 2023

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mobil hybrid atau HEV memiliki dua jenis mesin penggerak, yaitu mesin konvensional yang berbahan bakar bensin, plus mesin berbasis baterai listrik.

Mobil tipe ini menggunakan energi dari baterai saat melaju dengan kecepatan rendah. Kemudian jika daya baterainya habis, sistem penggerak akan berganti secara otomatis ke mesin konvensional.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional

Baterai mobil hybrid umumnya mendapat daya dari deselerasi, yakni energi kinetik yang dihasilkan saat mobil mengurangi kecepatan. Sederhananya, jika mobil mengerem, maka daya baterainya akan terisi. Teknologi ini disebut juga dengan regenerative-braking.

Menurut studi dari Kementerian ESDM, mobil hybrid rata-rata mengeluarkan emisi karbon 80 gram CO2 per kilometer. Jumlah ini jauh lebih rendah dibanding mobil konvensional yang emisinya mencapai 240 gram CO2 per kilometer.

Namun, emisi mobil hybrid lebih tinggi ketimbang mobil listrik yang sepenuhnya berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV). Rata-rata mobil listrik BEV diperkirakan hanya mengeluarkan emisi 5 gram CO2 per kilometer.

BACA JUGA:Irit BBM, Mobil Second Toyota Innova Hybrid Laris Manis dan Paling Diburu Konsumen

Mobil hybrid di Indonesia makin diminati oleh pasar otomotif. Meskipun harganya masih tergolong mahal, tetapi kebaruan dan ramah lingkungan jadi salah satu nilai tambah untuk memiliki mobil hybrid.

Mobil hybrid juga dianggap sebagai produk yang sesuai, yaitu sebagai produk transisi sebelum beralih ke era mobil listrik murni. Sebab, tempat pengisian baterai publik di Indonesia memang belum merata.

Ada sederetan mobil hybrid di Indonesia, kebanyakan dari merek-merek ternama yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Harganya mulai dari Rp300 jutaan hingga miliaran rupiah!

BACA JUGA:Honda Amaze 2023, Mobil LCGC Irit BBM yang Harganya di Banderol Mulai dari Rp 90 jutaan, Tertinggi Rp142 juta

1. Toyota Corolla Cross Hybrid – Rp608,4 juta

Toyota Corolla Cross hybrid tercatat sebagai mobil elektrifikasi paling laris dari Toyota setelah Kijang Innova Zenix Hybrid. Mesin yang tersemat pada mobil ini berkode 2ZR-FXE dengan kubikasi 1.798 cc 4 silinder, VVT-i, DOHC. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 96 hp. Bantuan motor listrik memberikan tambahan tenaga sebesar 71 hp.

SUV ini mengusung platform TNGA-C yang juga digunakan pada Corolla Altis dan CH-R. Tersedia dua varian dalam Corolla Cross, yaitu mesin bensin dan mesin hybrid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: