Iklan dempo dalam berita

Seperti Ini Perbandingan Kecepatan Internet 4G dan 5G, Simak juga Daerah yang Sudah Terintegrasi 5G

Seperti Ini Perbandingan Kecepatan Internet 4G dan 5G, Simak juga Daerah yang Sudah Terintegrasi 5G

Perbedaan jaringan 4G dan 5G--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Perkembangan zaman yang semakin pesat berimbas terhadap dunia teknologi. Sebagai salah satu pilar utama dalam aktivitas sehari-hari, teknologi juga ikut berkembang demi memudahkan aktivitas sehari-hari. Termasuk di bidang telekomunikasi. 

Itu sebabnya ada jaringan 5G yang adalah bukti inovasi teknologi komunikasi di era digital. Di Indonesia sendiri, pemanfaatan perkembangan telekomunikasi semakin hari semakin memudahkan para penggunanya. 

BACA JUGA:Pantas Jadi Incaran Para Pencari Kerja, Ternyata Gaji Karyawan BRI Ada yang hingga Rp21 Juta

Dulu, semua hanya mengenal telepon umum dan juga telepon yang ada di rumah. Lalu muncul teknologi handphone dari yang mulanya sangat mahal, kini handphone bisa dijangkau oleh semua orang. 

Kemudian muncul teknologi 3G yang sangat digemborkan karena memberikan banyak kemudahan, khususnya dalam kecepatan internet serta fitur video call. Berlanjut ke teknologi 4G hingga pada tahun 2019 Korea Selatan menjadi negara pertama yang menawarkan teknologi jaringan 5G. 

Lantas bagaimana jaringan 5G bekerja dan bagaimana implementasinya di Indonesia? 5G adalah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase dari standar telekomunikasi seluler. 

BACA JUGA:Tertinggi di Sumbagsel, Gaji Pendamping Lokal Desa di Provinsi Ini Nyaris Rp3 Juta

5G menjadi generasi ke-5 jaringan seluler setelah 1G, 2G, 3G, dan juga 4G. 5G atau fifth generation ini adalah jaringan yang dirancang untuk memberikan kecepatan data yang lebih tinggi, bahkan hingga 10-100 kali lebih cepat dibanding 4G. 

Selain itu, jaringan 5G diharapkan dapat menyediakan kualitas kecepatan data puncak multi-Gbps yang lebih tinggi, latensi yang sangat rendah, kapasitas jaringan yang masif, ketersediaan yang lebih besar, dan pengalaman pengguna yang lebih konsisten untuk bisa dinikmati oleh setiap pengguna.

Jaringan 5G pertama kali ditawarkan di Korea Selatan pada tahun 2019 silam. Di Indonesia sendiri, jaringan 5G resmi diluncurkan secara terbatas pada Mei 2021. 

BACA JUGA:Siap Lulus Mitra Statistik BPS 2024, Ini Kisi-kisi Soal Tes Kompetensi

Telkomsel menjadi operator telekomunikasi seluler pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G. Telkomsel secara resmi memperkenalkan jaringan 5G pada 27 Mei 2021 yang turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika ketika itu, Johnny Plate.

Meski demikian, tidak semua wilayah di Indonesia langsung dapat menggunakan layanan jaringan ini. Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia baru dapat digunakan terbatas di beberapa kota dan daerah saja.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan jaringan 5G diantaranya Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: