Iklan dempo dalam berita

7 Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil dengan Efektif

7 Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil dengan Efektif

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Performa yang dihasilkan mobil tergantung dari kondisi mesin yang prima. Oleh karena itu, pemilik mobil harus rutin membersihkan mesin mobil. Namun, saat membersihkannya tidak semudah yang dipikirkan. Sebab ada kerak oli mesin mobil yang menempel yang tidak bisa dibersihkan hanya mengguyur air dan sabun pembersih layaknya membersihkan bodi mobil. Lantas bagaimana cara yang efektif untuk membersihkan kerak tersebut?

BACA JUGA:Tips Cara dan Urutan Dalam Membersihkan Interior Mobil Biar Nyaman di Kendarai

Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui ketika hendak membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Menghindari sinar matahari

Langkah pertama, Anda perlu memindahkan mobil yang akan Anda bersihkan mesinnya dari paparan sinar matahari. Hal tersebut perlu Anda lakukan, agar panas matahari tidak mengenai komponen mobil yang terbuat dari plastik dan karet. Sebab komponen tersebut mudah memuai dan getas apabila terkena panas matahari.

BACA JUGA:Tips Membersihkan Interior Mobil Plus 7 Merek Cairan Khusus Pembersih Interior

2. Menyiapkan peralatan pembersihan

Langkah kedua, Anda perlu menyiapkan seluruh peralatan untuk membantu Anda ketika hendak membersihkan mesin mobil. Mulai dari kain microfiber, sikat gigi, spons, hingga pembersih khusus seperti engine conditioner. Pembersih ini berfungsi memproduksi busa yang membantu proses pembersihan kerak oli pada mesin menjadi lebih mudah. 

Selain engine conditioner, Anda perlu menggunakan engine flush untuk membersihkan kerak oli mesin yang membandel. Engine flush pada mobil adalah cairan kimia yang berfungsi sebagai pembersih yang di klaim ampuh membersihkan kotoran dan kerak-kerak oli yang membandel pada mesin kendaraan.

BACA JUGA:Tips Hilang Jamur dan Noda Air di Bodi Mobil Biar Kinclong

Penggunaan engine flush ini biasanya digunakan sebelum Anda melakukan proses pembersihan mesin. Tepatnya, Anda taburkan engine flush ini ke bagian mesin sebelum mesin mobil dipanaskan. Bentuk dari engine flush sendiri mirip dengan detergen.

Cara penggunaan engine flush ini sangat mudah yakni, memasukkan pembersih ini ke lubang oli mesin yang belum diganti. Kemudian nyalakan mesin hingga 15 menit. Pastikan posisi gas stasioner dengan RPM 2000. 

BACA JUGA:6 Fitur Keamanan di Mobil Toyota yang Wajib Kamu Ketahui

3. Memanaskan mesin mobil terlebih dahulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: