Iklan dempo dalam berita

9 Tips Aman Supaya Terhindar dan Tidak Jadi Korban Kriminalitas di Jalanan

9 Tips Aman Supaya Terhindar dan Tidak Jadi Korban Kriminalitas di Jalanan

--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Begal merupakan bahasa kriminal untuk kejahatan yang biasanya dilakukan di jalanan, biasanya kejahatan ini melibatkan tindakan perampasan dan pencurian dengan berbagai ancaman membahayakan. Biasanya pelaku begal selalu membawa alat-alat seperti senjata tajam yang digunakan untuk mengancam para calon korban.

Di Kota Bengkulu sendiri terakhir ini sempat dihebohkan dengan aksi pembegalan yang dilakukan oleh para remaja. Tindakan ini merupakan hal yang serius bahkan mengancam keselamatan dan kenyamanan warga kota Bengkulu.

BACA JUGA:Update Jadwal Pencairan BLT El Nino 2023, Besarannya Rp400.000 dan Langsung Cair

Dari sekian orang pelaku begal yang melakukan aksi di bulan-bulan terakhir, ada 16 orang yang masih berstatus pelajar aktif dan sudah beraksi di 8 TKP di Kota Bengkulu. Dari keterangan yang ditegaskan oleh Kapolresta Kota Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono bahwa pelaku tidak segan-segan untuk melukai para korban dengan menggunakan senjata tajam yang mereka punya.

“Semua pelaku sudah kita tetapkan tersangka dan masih pelajar semua, semuanya juga dalam melancarkan aksi tidak segan-segan melukai korban. Sementara itu untuk wadah mereka berkumpul dengan grup yang sudah dibuat dan diberi nama khusus," beber Kapolresta Bengkulu, Kombes Pol. Aris Sulistyono.

BACA JUGA:Jalan Licin Akibat Hujan, Truk Muatan Kertas Terguling Saat Turuni Tanjakan Menikung

Kapolres kota bengkulu juga menjelaskan bahwa dalam melancarkan aksinya  para pelaku sudah memiliki grup yang sudah mereka bentuk. Grup tersebut merupakan wadah untuk mereka para tersangka melancarkan aksinya, dengan menggunakan senjata tajam seperti pisau, samurai, hingga celurit yang digunakan untuk menebarkan ancaman kepada calon korbannya.

Sasaran mereka semua orang yang dalam keadaan mudah untuk dirampas barang- barang bawaannya.

Kita tidak akan tahu  kejadian apa yang akan menimpa kita ke depannya selama berkendaraan, yang kita bisa lakukan hanya mengantisipasi semua kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi selama berkendaraan, baik itu menggunakan kendaraan roda dua bahkan roda empat sekalipun.

BACA JUGA:6 Tips Menjaga Rumah dari Maling, Bisa Pakai CCTV yang Dipantau via HP

Untuk mencoba menghindari semua ancaman kejahatan dalam berkendaraan itu kita bisa menerapkan beberapa hal selama berkendaraan :

1. Pertama, lebih baik memilih atau menggunakan rute aman, rute aman di sini maksudnya yaitu jalanan yang ramai, yang tidak minim penerangan  jalan, atau bahkan kita lebih baik memilih jalan utama yang sering dilewati oleh para pengguna jalan lainnya.

2. Jangan terlalu memperlihatkan perhiasan atau barang-barang berharga yang kita punya pada saat berkendaraan. Jika perlu hindari menggunakan barang-barang berharga yang kita punya pada saat berkendaraan di waktu-waktu yang dirasa kurang efektif untuk keluar rumah.

3.Jangan bepergian sendiri, bawalah teman jika mengharuskan bepergian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: