Iklan dempo dalam berita

Ini Tanda Mobil Anda Harus di Spooring dan Balancing, 4 Akibat Jika Ban Tidak Pernah Di Balancing

Ini Tanda Mobil Anda Harus di Spooring dan Balancing, 4 Akibat Jika Ban Tidak Pernah Di Balancing

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Banyak pemilik mobil yang tidak menyadari bahwa spooring dan balancing berperan penting dalam menjaga keseimbangan mobil dan memperpanjang umur ban. Meskipun kadang-kadang terdengar sepele, namun ketidaktahuan akan tanda-tanda mobil yang perlu dilakukan spooring dan balancing dapat menyebabkan dampak serius pada kinerja mobil. Apa saja tanda-tandanya?

BACA JUGA:7 Penyebab Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap Warna Putih

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa saya yang perlu diperhatikan, ada baiknya untuk mengetahui dampak jika tidak pernah melakukan spooring dan balancing. Dampak yang paling umum adalah ban mobil jadi tidak seimbang serta lebih cepat aus, dan akhirnya akan mempengaruhi keamanan berkendara jika tidak segera diatasi. Berikut adalah 5 tanda mobil yang memerlukan spooring dan balancing.

BACA JUGA:5 Dampak Asap Putih Keluar dari Knalpot Mobil, Poin Nomor 5 Pengaruhi Kesuburan Pria

1. Setir Terasa Bergetar Saat Berkendara

Jika setir mobil terasa bergetar saat berkendara, bisa jadi ini adalah tanda bahwa mobil perlu dilakukan spooring dan balancing. Getaran yang dirasakan bisa terjadi pada kecepatan yang berbeda-beda, tergantung pada seberapa parah masalah yang terjadi. Jangan anggap remeh masalah ini, karena setir yang bergetar dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara dan bahkan membuat pengemudi kehilangan kendali atas mobil.

BACA JUGA:7 Merek Rekomendasi Produk Pembersih Kaca Terbaik Plus Cara Menggunakannya

2. Posisi Setir Terasa Tidak Stabil

Posisi setir yang terasa tidak stabil saat dikendarai juga merupakan salah satu tanda bahwa mobil membutuhkan spooring dan balancing. Setir yang tidak stabil dapat menyebabkan mobil tidak seimbang dan sulit dikendalikan. Ini akan sangat berbahaya pada kecepatan tinggi dan dapat mengakibatkan kecelakaan serius.

BACA JUGA:3 Jenis Cairan Pembersih Mesin Mobil dan Fungsinya dan Cara Bersihkan Kerak Oli Mesin

3. Mobil Lebih Sulit Dikendalikan pada Kecepatan Tinggi

Jika mobil terasa sulit dikendalikan pada kecepatan tinggi, ini juga bisa menandakan bahwa mobil Anda perlu spooring dan balancing. Mobil yang tidak seimbang dapat membuat pengemudi kesulitan mengendalikan mobil, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Apabila dibiarkan, hal ini tentu saja berpotensi menimbulkan kecelakaan.

BACA JUGA:Tips Cara dan Urutan Dalam Membersihkan Interior Mobil Biar Nyaman di Kendarai

4. Roda Mobil Tampak Tidak Sejajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: