Iklan dempo dalam berita

Perbedaan Spooring dan Balancing, Jangan Anggap Sepeleh Demi Keamanan Berkendara

Perbedaan Spooring dan Balancing, Jangan Anggap Sepeleh Demi Keamanan Berkendara

--

Namun terkadang, masih ada saja pemilik mobil yang malas spooring balancing roda mobil mereka. Alasannya, tidak ada keluhan pada bagian kaki-kaki mobil, dan menghemat biaya perawatan mobil. Padahal anggapan itu salah besar!

Kali ini tim  akan paparkan apa saja efek negatifnya jika malas spooring balancing roda mobil Anda. 

Roda pada sebuah kendaraan tentu tidak berdiri sendirian. Karena ada komponen suspensi yang menopangnya. Apabila roda tidak pernah di spooring dan balancing, maka perputaran roda tidak akan seimbang.

BACA JUGA:6 Fitur Keamanan di Mobil Toyota yang Wajib Kamu Ketahui

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, jika perputaran roda tidak seimbang, maka roda akan cenderung bergetar ketika mobil melaju. Getaran ini turut mengganggu kesehatan suspensi mobil Anda, karena sistem pada kaki-kaki mobil itulah yang menopang getaran selama roda berputar.

Bayangkan jika getaran tersebut berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama. Beberapa komponen suspensi pun bisa "kalah", diantaranya ball joint, tie road, dan as roda.

BACA JUGA:Buat Kamu Pengguna Toyota Avanza, Tahu Gak 5 Fitur Tersembunyi Alias Luput dari Perhatian yang Ada di Mobilmu

Jika Anda tipikal pemilik mobil yang malas spooring balancing akibat ingin hemat biaya perawatan kendaraan, coba mulai sekarang pikir dua kali. Karena jika roda mobil tidak pernah di spooring maupun balancing maka akan membuat ban lebih cepat rusak.

Antara lain ban mengalami keausan yang tidak merata atau yang sering dikenal dengan istilah "ban botak sebelah". Kalau sudah seperti ini, maka Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk penggantian ban lebih sering dari pemilik mobil lainnya.

Nah, lebih mahal mana sering beli ban dan servis kaki-kaki atau rutin spooring balancing? 

BACA JUGA:Buat Kamu Pengguna Toyota Avanza, Tahu Gak 5 Fitur Tersembunyi Alias Luput dari Perhatian yang Ada di Mobilmu

Itulah beberapa efek jika malas lakukan spooring balancing.

Jangan abaikan spooring dan balancing ban mobil Anda karena bisa mempengaruhi keseimbangan sekaligus kenyamanan saat berkendara. Apabila terlalu lama dibiarkan, tidak hanya kenyamanan saja yang terpengaruh, melainkan juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.( Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: