Iklan dempo dalam berita

Ada Risiko Iritasi, Begini Cara Penggunaan Retinol yang Baik dan Benar

Ada Risiko Iritasi, Begini Cara Penggunaan Retinol yang Baik dan Benar

Cara penggunaan retinol yang tepat untuk menghindari iritasi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Retinol dapat membantu Anda untuk mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih sehat, serta meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan. Bahan ini juga sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah jerawat, memudarkan bekas jerawat, bahkan dapat mencerahkan kulit Anda.

Meski retinol memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan kulit, masih banyak orang ragu untuk menggunakan bahan ini karena takut kulit akan menjadi kering, kemerahan, atau justru timbul berjerawat. Sebenarnya, berbagai efek samping retinol tersebut dapat Anda dihindari bila menerapkan cara pakai yang benar. 

BACA JUGA:HM Sampoerna Buka Lowongan Kerja Besar-Besaran, Ada 4 Posisi Menarik yang Ditawarkan, Daftarkan Diri Disini

Lalu bagaimana cara penggunaan retinol yang baik dan benar? Para pengguna produk berbahan retinol, khususnya jika Anda baru pertama kali mencoba produk ini, Anda harus tahu cara pemakaian retinol yang benar agar manfaatnya untuk kulit bisa diperoleh secara maksimal. Selain itu efek sampingnya juga dapat diminimalisir.

Berikut ini adalah cara yang benar untuk menggunakan retinol serta hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Pilihlah produk dengan konsentrasi retinol terendah

Bila Anda memiliki kulit sensitif atau baru pertama kali mencoba produk berbahan retinol, Anda sangat disarankan untuk menggunakan retinol dengan konsentrasi ter rendah lebih dahulu, yaitu dengan kosentrasi 0,01%. Tujuannya adalah agar kulit Anda bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan kandungan retinol dalam skincare yang digunakan.

BACA JUGA:Ini Alasan Toyota Innova Zenix Hybrid Laris di Pasaran, Nyaman Untuk Mobil Keluarga

Setelah menggunakan retinol selama 2 minggu dan kulit tidak menunjukkan gejala iritasi, Anda bisa menaikkan konsentrasi retinol secara bertahap menjadi 0,25%, lalu 0,5% pada 2 minggu berikutnya.

2. Gunakan pada malam hari

Beberapa produk skincare yang mengandung retinol dianjurkan untuk digunakan pada malam hari. Alasannya, karena retinol bisa menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Artinya, kulit jadi lebih mudah merah dan terbakar ketika terkena sinar matahari jika digunakan pada pagi atau siang hari.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, Anda perlu mengoleskan tabir surya atau sunscreen dengan SPF minimal 30 ketika akan beraktivitas di luar ruangan dan di reapply beberapa jam sekali. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario 160, Nomor 1 Mahal dan Awet

Selain itu, Anda juga sebaiknya menggunakan topi yang bisa menghalau paparan sinar matahari langsung ke kulit wajah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: