Iklan dempo dalam berita

Begini Pedoman dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Yang Benar

Begini Pedoman dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Yang Benar

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHAH.COM - Sholat Dhuhah merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim diseluruh dunia. Waktu dhuhah yaitu setelah matahari terbit dan dan sebelum masuk waktu dzuhur. Namun seringkali muncul pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk melakukan sholat dhuhah yang baik ?

Menurut Imam Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumudin, waktu tersebut bertepatan sekitar pukul 7 pagi. Namun harus dipahami dalam pelaksanaan sholat dhuhah itu bervariasi, tergantung dengan wilayah tinggal. Sebab berbeda wilayah berbeda pula waktu  pelaksanaannya, tergantung dengan perubahan musim pada wilayah tersebut.

BACA JUGA:Bacaan Doa Nabi Sulaiman Untuk Memperoleh Kekayaan yang Berlimpah, Yuk Amalkan

Ada beberapa pedoman umum untuk mengetahui waktu pelaksanaan sholat dhuhah di tempat Anda tinggal,

1. Mengamati ketinggian matahari, waktu untuk melakukan sholat dhuhah tidak ditentukan pada jam tertentu. Namun umumnya dilakukan pagi hari di saat matahari terbit lebih tinggi di langit.

2. Berpatokan pada jadwal imsakyah

3. Melihat dari bayangan benda, ini biasanya dilakukan oleh orang- orang di zaman dahulu. Dimana pada masa itu belum ditemukannya tanda pegingat waktu seperti jam.

4. Mengetahui jadwal sholat di lingkungan setempat. Biasanya setiap masjid akan menyediakan jadwal sholat untuk wilayah setempat, termasuk jadwal sholat dhuhah.

Adapun waktu yang terbaik dalam melaksanakan sholat dhuhah sesuai sunnah adalah mengerjakannya di akhir waktu ketika matahari meninggi dan panasnya terasa menyengat.

BACA JUGA:5 Bacaan Doa Cepat Kaya, Amalkan dan Rasakan Hasilnya, Rezeki Mengalir Utang Lunas

Sholat dhuha dilaksanakan 20 menit setelah matahari mulai terbit. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)

Meskipun demikian juga perlu di pahami ada waktu- waktu haram atau terlarang untuk melakukan sholat dhuha. Menurut Dr. Abdul Qadir Muhammad Mansur dalam buku panduan sholat An-nisa menurut Empat Mazhab, waktu setelah subuh hingga matahari terbit adalah waktu dilarang untuk melaksanakan sholat.

BACA JUGA:Kaya Mendadak dalam 7 Hari, Amalkan 3 Dzikir dan Doa Ini, Rezeki Berlimpah Seumur Hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: