Iklan dempo dalam berita

Rekomendasi MPASI Sehat dan Modern Untuk si Buah Hati

Rekomendasi MPASI Sehat dan Modern Untuk si Buah Hati

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  MPASI adalah Makanan Pendamping Air Susu Ibu, MPASI sendiri biasanya diberikan kepada bayi berusia 6-12 bulan. Pada usia ini, bayi sudah bisa menyangga kepalanya dengan baik, memiliki refleks lidah yang baik, dan bisa duduk dengan tegak.Dengan adanya kemampuan refleks menggerakkan lidah yang baik, maka bisa mencegah masuknya benda asing atau berbahaya ke dalam mulut bayi.

 Tidak hanya itu, pada usia 6 bulan ini, si bayi juga sudah mampu menutup mulutnya ketika disodori sendok dan juga mampu menggerakkan makanan dari depan ke belakang mulut yang pastinya dengan bantuan lidah.

Di masa modern sekarang banyak ibu yang memberikan menu yang bervariatif  kepada anaknya. Menu MPASI sendiri dari zaman ke zaman memiliki perkembangan yang inofativ, hal ini pun sesuai dengan perkembangan teknologi dalam bidang kesehatan sekarang. 

Biasanya kebanyakan zaman dahulu orang tua di dominasi  memberikan MPASI kepada anaknya berupa lumatan pisang segar dan nasi putih yang dihaluskan dengan sayur. 

Pergeseran tren menu MPASI pada zaman dulu, MPASI terdahulu terlalu berat dicerna oleh anak, dan belum waktunya anak menerima MPASI semacam itu, dikarenakan organ pencernaan belum sepenuhnya mampu mencernanya. Kadang efek samping akibat MPASI semacam lumatan pisang atau bubur nasi, membuat bayi mengalami gangguan pencernaan (mencret) dan batuk-batuk (kelebihan kadar gula). 

Namun, tak jarang hingga kini masih banyak orang tua yang memberikan menu MPASI tersebut kepada anaknya karena nutrisi yang terkandung penting untuk bayi. 

BACA JUGA:Selain Enak Susu Kacang Almond Juga Memiliki Banyak Manfaat Loh Buat Tubuh Kamu

Banyak sekali macam jenis MPASI yang beredar dan disarankan oleh dokter, seperti bubur olahan pabrik dan biskuit yang dapat dilumatkan. Bayi yang baru pertama kali belajar makan sebaiknya diberikan tekstur makanan saring (puree) dan lama-lama meningkat menjadi lumat (mashed).  Bunda di rumah mungkin bosan atau kebingungan dalam  memberikan menu-menu MPASI yang berulang kali kepada anaknya. 

Nah, dalam artikel kali ini kita akan memberikan rekomendasi menu MPASI yang modern sekaligus menyehatkan:

1. Bubur Biskuit

Yang pertama-tama Bunda bisa menghaluskan biskuit menggunakan food processor maupun blender sampai teksturnya menjadi halus seperti bubur. Jika perlu, Anda bisa menambahkan sedikit air.

 

2. Pure Buah

Pure buah dapat kamu berikan sebagai MPASI 6 bulan atau camilan untuk si bayi. Hal ini karena buah itu sendiri mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk si bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: