Iklan dempo dalam berita

Ini Dia Tips Aman Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Bayi

Ini Dia Tips Aman Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Bayi

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Moms, menimang buah hati adalah keinginan yang sangat dinantikan oleh para orang tua yang menunggu kelahiran buah hatinya setalah 9 bulan masa mengandung. Tak jarang saat mengandung berat badan para ibu bertambah sampai usai melahirkan.

Hal ini dikarenakan efek mengidam, dan kenaikan hormon. Otomatis nafsu makan yang meningkat dan berat badan yang tak terkontrol. Namun, tidak semua para ibu yang melahirkan berat badannya naik, hal tersebut dikarenakan mereka dapat mengontrol asupan makannya ketika hamil maupun setelah melahirkan.

BACA JUGA:Tinggi Kandungan DHA dan Omega 3, Ada 12 Manfaat Minyak Ikan untuk Bayi

Tentu saja banyak para ibu yang habis melahirkan dilema, di satu sisi ingin segera kembali ke bentuk badan semula, namun di sisi lain kesehatan ibu dan bayi adalah yang utama. Melakukan diet yang berlebihan dan asal-asalan tentu akan memperlambat pemulihan pasca bersalin, menghambat produksi ASI, mengganggu hormon, hingga meningkatkan stres.

Tak perlu khawatir moms! Moms bisa menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan diet yang aman, untuk menurunkan berat badan tidak hanya sekadar mengurangi makan. 

BACA JUGA:5 Faktor ASI Tidak Keluar? Untuk Sementara Beri Susu Formula Kandungan Ini Kepada Bayi Anda

Melainkan mengatur pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat sehingga tidak membahayakan bagi ibu dan bayi. Simak cara diet yang aman berikut:

1. Berikan Bayi ASI Eksklusif 

Mmeberikan bayi ASI yang eksklusif , hal ini memiliki banyak manfaat bagi Anda maupun bayi. Bagi bayi, mereka akan tercukupi kebutuhan nutrisi dan membentuk sistem kekebalan tubuhnya untuk melawan virus dan bakteri.

Sementara bagi ibu, menyusui dapat mengurangi risiko terkena penyakit hipertensi, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker ovarium. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu penurunan berat badan pasca melahirkan.

BACA JUGA:Konsumsi Makanan Ini Selama Kehamilan agar Bayi Lahir Putih Bersih

2. Hindari Minuman Manis

Sering minum minuman manis berkontribusi pada kenaikan berat badan dan menimbun lemak di sekitar perut. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengganti dengan jus buah segar tanpa gula.

3. Kurangi Gula, Garam dan Lemak Jenuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: