Iklan dempo dalam berita

Sarat Pembelajaran, Begini Kisah Nabi Sulaiman, Mulai dari Pasukan Jin hingga Ratu Bilqis

Sarat Pembelajaran, Begini Kisah Nabi Sulaiman, Mulai dari Pasukan Jin hingga Ratu Bilqis

Gambar ilustrasi. Kisah Nabi Sulaiman--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Allah SWT telah menganugerahkan berbagai kelebihan kepada para nabi-Nya. Termasuk kepada Nabi Sulaiman AS. Nabi Sulaiman merupakan putra dari Nabi Daud AS yang memiliki sikap sangat bijaksana. Nabi Sulaiman AS merupakan salah satu dari 25 nabi yang diutus oleh Allah SWT. Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa Nabi Sulaiman AS telah menunjukkan kesalehan dan ketaatannya kepada Allah sejak usianya yang masih kecil.

Hadirnya Nabi Sulaiman di tengah-tengah keluarga merupakan anugerah untuk keluarganya, terutama bagi sang ayah, Nabi Daud AS. Menginjak remaja, Nabi Sulaiman menunjukkan kecerdasannya. Ini berkat doa sang ayah yang menginginkan agar diberi seorang anak yang cerdas. Nabi Sulaiman AS mampu memecahkan berbagai masalah dan menangani warga Bani Israil. 

BACA JUGA:Masih Dibuka, Ajukan Pinjaman Rp 50 Juta di KUR BCA Tanpa Jaminan, Ini Tabel Angsurannya

Kecerdasan dan kebijaksanaannya kemudian membuatnya terpilih menggantikan ayahnya, yaitu Nabi Daud untuk memimpin Bani Israil. 

Dengan demikian dia mewarisi kekuasaan sekaligus kenabian dari sang ayah. Selain itu, Nabi Sulaiman diberi Allah SWT dengan berbagai mukjizat. Selain berbicara dengan semut, Nabi Sulaiman juga dapat berkomunikasi dengan burung. 

Nabi Sulaiman adalah seorang nabi dan raja yang dianugerahi Allah dengan banyak kenikmatan, seperti kekayaan, kekuasaan, kebijaksanaan, dan kemampuan berbicara dengan hewan dan jin. 

BACA JUGA:Para Remaja dan Dewasa Ingat, Keseringan Main Game Bisa Ganggu Kualitas Tidur hingga Kesehatan Mental

Masa Muda Nabi Sulaiman dikenal sebagai sosok yang bijaksana dan dapat membuat keputusan yang adil. Suatu ketika, Nabi Daud dan Nabi Sulaiman bertemu dengan pemilik kebun dan pemilik kambing. Pemilik kebun ingin minta ganti rugi pada pemilik kambing karena kebunnya telah dirusak kambing. Mulanya, Nabi Daud AS meminta pemilik kambing untuk ganti kerusakan. Namun karena memiliki kemampuan berbicara pada hewan, Nabi Sulaiman AS memberikan pendapat yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Pemilik kambing menyerahkan kambingnya, tapi pemilik kebun harus merawat kambing. Sementara, pemilik kambing harus merawat kebun agar keadaan seperti semula.

BACA JUGA:Lulusan SMA hingga S1 Buruan Daftar, PT Topindo Atlas Asia Buka Lowongan Kerja Terbaru 27 November 2023

Kisah lainnya dalam Al-Qur’an Surah An-Naml ayat 18 diceritakan bahwa suatu ketika Nabi Sulaiman sedang melintas bersama bala tentara yang terdiri dari manusia, jin, dan burung-burung saat hendak melewati sebuah lembah. Ternyata di lembah tersebut adalah rumah bagi banyak semut. 

Nabi Sulaiman yang kemudian mendengar hal tersebut tertawa dan tersenyum. Ia juga memerintahkan bala tentaranya agar berhati-hati saat melangkah karena di tempat tersebut adalah rumah bagi para semut.

Selain itu, Nabi Sulaiman juga memiliki istana yang megah dan indah, istana itu  dibangun dengan bantuan jin dan burung-burung. Ia juga memiliki pasukan yang terdiri dari manusia, hewan dan jin. Salah satu hewan kesayangannya adalah burung Hud-hud yang dapat terbang jauh dan memberikan informasi kepada nabi Sulaiman.

BACA JUGA:Samsung Rilis Tablet Seri Terbaru, Duo Galaxy Tab S9 FE Series

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: