Iklan dempo dalam berita

4 Orang Pertama yang Memeluk Islam, Begini Kisah Dakwah Nabi Muhammad dari Makkah hingga Madinah

4 Orang Pertama yang Memeluk Islam, Begini Kisah Dakwah Nabi Muhammad dari Makkah hingga Madinah

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM- Setelah mendapatkan wahyu dari Allah swt, Nabi mulai berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Orang pertama yang memeluk Islam antara lain Khadijah binti Khuwailid (istri Rasulullah SAW), Ali bin Abi Thalib (sepupu Nabi Muhammad SAW), Zaid bin Haritsah bin Syarahil al-Kalbi (mantan budak Nabi Muhammad SAW), dan Abu Bakar as-Siddiq (sahabat Nabi Muhammad SAW).Mereka kemudian dikenal dengan as-sabiqunal awwalun.

BACA JUGA:Kisah Malaikat Jibril Mencuci Hati Nabi Muhammad SAW dengan Air Zamzam Dalam Bejana Emas

Orang-orang Makkah sebelum kedatangan Islam menyekutukan Allah (musyrikin) yaitu dengan cara menyembah patung-patung yang dianggap suci. Mereka juga memiliki kebiasaan membunuh anak-anak dan mengubur secara hidup-hidup. Hal ini dilakukan karena mereka takut miskin, malu dan takut mendapatkan celaan. Nabi Muhammad SAW mengajak manusia/berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Beliau terlebih dahulu mengajak kerabat-kerabatnya untuk menuju agama yang benar.

BACA JUGA:Seperti Ini Kepribadian Nabi Musa dan Alasan Namanya Paling Banyak Disebutkan dalam Al Quran

Setelah dakwah Rasululah SAW secara sembunyi-sembunyi selama 3 tahun, Nabi diperintahkan untuk dakwah secara terang-terangan. Lalu beliau pun mengumpulkan kaumnya dan mengancam meraka dengan adzab akhirat. Nabi mengumpulkan para ahli serta kerabat-kerabatnya dan beliau  pun menyampaikan kepada mereka tentang agama Allah, tapi paman beliau Abu Lahab menolak dengan cara tidak baik.

BACA JUGA:9 Mukjizat Nabi Musa, Selamat saat Sengaja Dihanyutkan di Sungai hingga Membelah Lautan

Dulu orang Quraisy sangat mencintai nabi namun setelah Rasulullah mengajak mereka menyembah serta mengikut ajaran Allah dan mengajak meninggalkan kepercayaan mereka, orang Quraisy sangat marah. Mereka menyuruh nabi berhenti dalam menyebarkan agama Islam. Tapi Rasulullah tak sedikitpun menyerah dan beliau tetap menyiarkan agama Islam.

Karena melihat itu, orang Quraisy mulai menyakiti Nabi, mengejek, mencela, tapi beliau tetap sabar, tenang, dan memaafkan. Kemudian gangguan itu ditujukan kepada sahabat-sahabat Nabi yang ikut masuk agama Islam, pasti orang Quraisy pun menyiksanya.

BACA JUGA:Taubat Pernah Berbuat Zina, Ini Amalan untuk Menghapus Dosa Zina Penjelasan Gus Baha

Tujuan dakwah Nabi Muhammad SAW Secara Umum yaitu :

- Menyerahkan semua urusan kepada Allah SWT.

- Tauhid

- Membersihkan jiwa, dengan cara menjauhi kemungkaran dan kekejian yang terkadang mengakibatkan munculnya hal-hal yang kurang menyenagkan, mencari keutamaan, kesempurnaa, dan perbuatan-perbuatan yang baik.

- Iman kepada hari akhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: