Iklan dempo dalam berita

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Mengenali Ciri-ciri Gas LPG Oplosan dan Asli

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Mengenali Ciri-ciri Gas LPG Oplosan dan Asli

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kegunaan gas LPJ dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak bisa diragukan lagi, karena gas merupakan salah satu bahan bakar yang sering digunakan hampir semua orang. Hal ini karena, kegunaan  yang praktis dan efisien membuatnya menjadi pilihan utama untuk keperluan memasak, pemanas air, dan berbagai aplikasi rumah tangga lainnya. 

Meski demikian, para penggunanya harus tetap waspada terhadap potensi penipuan yang sering beredar diberbagai wilayah. Bahaya lagi apabila tabung gas LPG yang telah diisi air atau dipalsukan isinya. Maka itu mengetahui beberapa ciri-ciri gas asli dan palu sangat penting agar pengguna dapat terhindar dari penipuan.

BACA JUGA:Kompor Gas Sering Tidak Menyala? Ternyata Ini Lho Penyebabnya, Salah Satunya Aliran Gas Tersumbat

Berikut ini cara menganali ciri-ciri gas LPG yang palsu:

- Berat Tabung yang Tidak Sesuai

Salah satu tanda pertama yang dapat dicurigai adalah berat tabung gas. biasanya tabung gas LPG 3kg memiliki berat tertentu ketika baru atau ketika berisi gas LPG penuh. 

Jika tabung terasa lebih ringan dari biasanya atau terasa kosong ketika digoyangkan, kemungkinan besar tabung tersebut telah diisi air sebagai pengganti gas LPG. 

Hal ini dapat membahayakan pengguna karena air tidak dapat digunakan sebagai bahan bakar, dan penggunaan tabung yang berisi air dapat menyebabkan masalah saat digunakan.

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga Bisa Pasang Sendiri Tabung Gas di Rumah, tapi Ikuti Cara Ini ya

- Tidak Ada Bau Karakteristik Gas LPG

Gas LPG memiliki bau yang khas yang berfungsi sebagai tanda peringatan jika ada kebocoran. 

Jika tabung gas yang seharusnya berisi LPG tidak memiliki bau khas tersebut, maka dapat diindikasikan bahwa isinya telah diganti dengan bahan lain, seperti air atau bahan berbahaya lainnya. 

Tanpa adanya bau karakteristik gas LPG, pengguna tidak dapat mendeteksi kebocoran dan akan berisiko menggunakan tabung gas yang berbahaya.

BACA JUGA:Biar Aman, Kenali Penyebab dan Cara Atasi Tabung Gas Mendesis, Pakai Trik Sederhana Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: