Iklan RBTV Dalam Berita

8 Tips Mengatur Keuangan yang Harus Kamu Terapkan, Khususnya Anak Kost

8 Tips Mengatur Keuangan yang Harus Kamu Terapkan, Khususnya Anak Kost

Tips mengatus keuangan, khususnya anak kost--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Mengatur keuangan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, khususnya bagi mahasiswa kost. Kehidupan di kost seringkali memerlukan pengelolaan keuangan yang baik agar tidak terlilit utang atau kekurangan dana hingga hari transfer berikutnya datang. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips mengatur keuangan untuk mahasiswa kost agar dapat hidup secara ekonomis dan tetap bisa menikmati masa kuliah. 

BACA JUGA:Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Tes Kompetensi Mitra Statistik BPS 2024, Coba Cek!

Khususnya kamu yang mahasiswa ngekost di daerah perantauan, masalah keuangan ini kerap menjadi permasalahan utama, entah karena keterbatasan atau justru pengelolaannya yang kurang tepat. Berikut beberapa cara pengelolaan keuangan yang tepat bagi anak kost.

1. Buatlah Anggaran Bulanan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat anggaran bulanan. Tentukan jumlah pendapatan yang kamu miliki, baik itu uang saku dari orangtua atau pendapatan dari pekerjaan sampingan. 

Selanjutnya, kamu dapat mengalokasikan pendapatanmu untuk kebutuhan pokok seperti biaya kost, makanan, transportasi dan lain-lain. Dengan membuat anggaran bulanan, kamu dapat dengan jelas melihat berapa pengeluaran yang harus kamu keluarkan dan berapa sisa yang bisa kamu tabung.

BACA JUGA:Jadwal Tes Analogi dan Tes Logika Mitra Statistik BPS 2024, Serta Contoh Soal Tes yang Bisa Dipelajari

2. Hindari Belanja Impulsif

Sebagai mahasiswa, terkadang kita menghadapi godaan untuk melakukan pembelian yang tidak perlu. Hindari belanja impulsif dan coba untuk berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang. Anda harus menghindari membeli barang hanya karena didasari rasa menarik atau murah saja.

Tanyakan pada diri Anda, apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan semata. Jika memang ada barang yang kamu inginkan, adakanlah waktu penundaan sebelum melakukan pembelian agar kamu bisa mempertimbangkan secara matang.

BACA JUGA:Sangat Menjanjikan, Ini 4 Tips Memulai Bisnis Online Busana Muslimah

3. Manfaatkan Diskon dan Promo

Sebagai mahasiswa kost, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari diskon dan promo. Jangan segan untuk memanfaatkan kesempatan ini. Perhatikan informasi mengenai promo dan diskon yang ditawarkan di toko atau restoran yang Anda datangi. 

Memanfaatkan kartu mahasiswa juga bisa menjadi opsi bijak yang dapat Anda manfaatkan, karena biasanya memberikan diskon atau penawaran spesial. Dengan memanfaatkan diskon dan promo, kamu dapat menghemat pengeluaran dan memiliki lebih banyak uang di saku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: