Iklan dempo dalam berita

Danau Dendam Tak Sudah, Kisah Patah Hati hingga Pertarungan Buaya, Nama Lampung Ada Dalam Cerita

Danau Dendam Tak Sudah, Kisah Patah Hati hingga Pertarungan Buaya, Nama Lampung Ada Dalam Cerita

Danau Dendam Tak Sudah dengan segudang cerita--

Air mata itu Semakin lama semakin membesar dan menerjang seisi kampung. Tak satupun orang ataupun rumah yang selamat dari air bah tersebut. Termasuk arak-arakan yang sedang berlangsung.

Kedatangan air bah yang secara tiba-tiba membuat para penduduk kampung berlarian untuk menyelamatkan diri. Sayangnya, air bah itu telah menenggelamkan rumah dan warga di sana pada saat itu.

Konon katanya, Buyung dan Upik Leha berubah menjadi sepasang ular tikar. Dikisahkan terkadang mereka menampakkan diri dari kejauhan. Begitupun dengan Esi yang sering digambarkan muncul dengan berdiri menginjak sepasang ular tikar tersebut.

Namun ada beberapa versi lain yang menyebut bahwa, dahulu kala ada sepasang kekasih yang cintanya tidak direstui orang tua. Mereka yang tengah mabuk asmara memutuskan bunuh diri bersama dengan loncat ke sebuah danau. 

BACA JUGA:Catat, Ini 5 Ruas Tol yang Beroperasi Gratis Selama Nataru 2024, Silakan Cek Daftarnya

Sejak saat itu, dipercaya bahwa muncul dua ekor lintah raksasa yang hidup di danau itu yang merupakan jelmaan dari pasangan ini, mereka terus hidup dengan menyimpan rasa dendam lantaran cinta yang tak disertai. 

Pada versi lainya juga ada kisah yang berbeda tentang seekor buaya dari Danau Dendam Tak Sudah, yang bertarung dengan Buaya Lampung. 

Dalam pertarung tersebut, buaya Danau Dendam Tak Sudah berhasil mengalahkan buaya asal Lampung. Namun sayangnya, buaya Danau Dendam Tak Sudah kehilangan ekor dalam pertarungan itu, yang akhirnya membuatnya dendam dan mengutuk buaya Lampung. 

Sejak saat itu, warga setempat mengenalnya sebagai danau dendam tak sudah. Warga sekitarpun percaya bahwa buaya buntung itu sering muncul menjelang perayaan hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri. 

Oleh karena itu, menjelang hari Idul Fitri, warga akan berhenti untuk mencari ikan dan membuka usaha kecil di sekitar danau.

Tidak hanya itu, kemunculan buaya juga dikaitkan dengan akan terjadinya bencana alam, seperti gempa yang pernah terjadi di Bengkulu pada tahun 2000.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Oli 10W 40 untuk Mobil Toyota Kijang Innova Diesel Mesin 2KD

Itulah beberapa kisah dari Danau Dendam Tak Sudah, meski memiliki kisah yang berbeda. Masyarakat percaya bahwa danau tersebut terbentuk dari dendam seseorang dari masa lalu yang tak berujung.

 

Aziz Shadiq Ghaniy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: