Iklan dempo dalam berita

Gulai Rebung Asam Undak Liling, Tidak Sadar Perut Sudah Kenyang dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Gulai Rebung Asam Undak Liling, Tidak Sadar Perut Sudah Kenyang dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Gulai khas Bengkulu Rebung Asam Undak Liling--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Merupakan ibu kota Provinsi Bengkulu, Kota Bengkulu menjadi kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatera setelah Padang, dengan luas wilayah 144,52 kilometer persegi. Letaknya berada di kawasan pesisir yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Indonesia memiliki banyak keragaman termasuk pula Bengkulu. Provinsi yang di juluki ‘Bumi Rafflesia’ ini memiliki banyak keragaman keindahan alam. Mulai dari tempat keindahan alam yang mempesona, kerajinan lokal, tempat wisata dan sejarah juga makanan khasnya yang beragam. 

BACA JUGA:Kisah di Balik Keindahan Danau Toba, Perasaan Cinta yang Berakhir Tragis

Ya, makanan khas Bengkulu memang sangat beragam, selain itu juga memiliki citra rasa yang khas. Salah satu makanan yang tengah popular di tengah masyarakat adalah Rebung Asam Undak Liling.

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berbahan dasar batang bambu muda atau yang akrab disebut dengan rebung. Kemudian liling atau keong hitam. Keong hitam atau liling ini bisa kita temukan di sawah, sehingga kita mudah untuk kita dapatkan.

Mengingat makanan khas Bengkulu satu ini masih tradisional, dalam proses pembuatannya tidak heran jika waktu cukup lama.

Aneka bahan yang digunakan dalam makanan khas Bengkulu ini harus direndam selama beberapa hari supaya rasa asam yang ada di dalam rebung dapat keluar. Karena keunikan dalam proses pembuatannya itulah rebung memiliki citra rasa yang khas dan tentunya lezat!

BACA JUGA:10 Aplikasi Pinjaman Online yang Paling Banyak Digunakan, No 1 Punya Tenor Cicilan hingga Rp 15 Bulan

Untuk mengetahui proses pembuatan Rebung Asam Undak Liling ini, kamu dapat mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

Pertama-tama kamu dapat menyiapkan bahan-bahannya yaitu adalah batang bambu muda 1 batang yang berukuran 25 cm, kemudian siapkan 200 gram keong sawah, 500 ml santan, 1 ruas jahe kemudian memarkan, 2 batang serai juga memarkan, lalu iris 2 batang daun bawang dan yang terakhir adalah minyak goreng secukupnya.

Kemudian untuk langkah pembuatan selanjutnya:

1. Cuci bersih rebung, potong-potong kecil memanjang, kemudian rendam selama 5 hari atau hingga rasa asamnya keluar.

Rendam liling semalaman, kemudian cuci bersih, lalu rebus hingga matang. angkat dan tiriskan.

BACA JUGA:Hasil Seleksi Sudah Diumumkan, Mitra Statistik BPS 2024 Langsung Bekerja? Ini Aturan Kontrak Kerjanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: