Iklan dempo dalam berita

Rasanya Enak, Kue Ini Adalah Camilan Para Bangsawan Bengkulu

Rasanya Enak, Kue Ini Adalah Camilan Para Bangsawan Bengkulu

Sejarah dan cara membuat kue bay tat--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM – Indonesia memiliki beraneka macam kuliner khas lezat. Setiap wilayah di Indonesia memiliki ikon kulinerya masing-masing, termasuk Bengkulu. Berbagai macam olahan Bengkulu mempunyai rasa dan kenikmatannya masing-masing.

Salah satu ikon kuliner khasnya yang terkenal adalah kue Bay Tat. Kue Tat atau Bay Tat merupakan kue khas tradisional masyarakat Bengkulu, tepatnya di bagian selatan dengan tampilan berbentuk bulat. Dibuat karena diambil dari bentuk bunga yang indah dan diukir sedemikian rupa tergantung dengan kreativitas orang yang membuatnya.

BACA JUGA:Begini Cara Merangsang Perkembangan Otak Kiri Anak, Orangtua Perlu Tahu

Kue Bay Tat yang mirip dengan pai ini, umumnya diisi dengan selai nanas dan juga bisa ditaburi keju. Nama Bay Tat sendiri berasal dari bahasa Bengkulu yang berarti Bay atau induk dan Tat dari kata Tart, dengan kata lain, Bay Tat adalah kue tart-nya warga Bengkulu.

Menurut cerita, Kue Bay Tat dipercaya sebagai camilan raja-raja dan bangsawan Bengkulu tempo dulu, dan Bay Tat adalah Kue Tart berukuran besar. Meski dulunya Bay Tat adalah hidangan para bangsawan. Ya, pada sejarah zaman dulu Bengkulu menjadi salah satu pusat berdirinya kerajaan Melayu di antaranya kerajaan Pepinau, Selebar, dan Sungai Serut.

Saat mencoba pertama kali, kue ini akan terasa lembut, tekstur kue Bay Tat yang lembut dan juga identik memiliki cita rasa legit, manis, gurih dan renyah apalagi biasanya diisi selai nanas dan rasanya sangat pas di lidah. Cocoknya lagi, kue ini disajikan sebagai teman untuk minum kopi dan teh.

BACA JUGA:Tanpa Jaminan dan Cukup Modal KTP, Ini Syarat Pinjam Rp 20 Juta di Easycash Proses Mudah, Cek Cicilannya

Kue khas Bengkulu ini banyak dijual di aneka sentra oleh-oleh. Selain membelinya kamu juga dapat membuat sendiri Bay Tat ini di rumah, berikut langkah-langkahnya:

Sebelum membuat kue Bay Tat, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya, yakni:

• 1 kg tepung terigu

• 250 gram mentega

• 3 butir telur

• 500 gram gula

• 500 ml santan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: