Iklan dempo dalam berita

Ujicoba Penghapusan Kartu Tol Mulai 12 Desember, Khusus untuk Kendaraan Berikut

Ujicoba Penghapusan Kartu Tol Mulai 12 Desember, Khusus untuk Kendaraan Berikut

Ujicoba penghapusan kartu tol mulai 12 Desember 2023--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting yang perlu disimak. Khususnya Anda yang sering melintasi jalan tol. Mulai tahun depan atau beberapa bulan ke depan, pemerintah akan menghapus kartu tol.

Nantinya setelah kartu tol dihapus, pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multilane Free Flow (MLFF). 

Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljo memastikan jika sistem pembayaran MLFF akan mengizinkan mobil untuk melewati gerbang tol tanpa berhenti.

BACA JUGA:Segini Gaji Pendamping Lokal Desa 2023 di 14 Provinsi Indonesia, Siapa Paling Besar?

Teknologi untuk sistem ini dikatakan Basuki, sudah siap, dan meskipun tantangan utamanya adalah bagaimana mengimplementasikannya kepada masyarakat. Basuki optimis bahwa proses ini akan berjalan dengan lancar. 

Uji coba penerapan MLFF telah dimulai di jalan tol Bali-Mandara, dan Basuki menyatakan bahwa ini adalah bagian dari proses transisi yang membutuhkan waktu, seperti peralihan dari transaksi tunai menjadi non-tunai dengan kartu e-money.

Pada tahap awal, uji coba transisi dari tapping e-toll ke MLFF akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai, dan diharapkan akan diterapkan pada seluruh lajur Gerbang Tol pada Maret 2024. 

Sosialisasi yang jelas akan diberikan kepada masyarakat terkait teknologi pembayaran tol tanpa berhenti di exit tol, dan akan dipasang papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba MLFF.

BACA JUGA:Hari Ini, Pengumuman Hasil Tes Tulis dan Pemanggilan Tes Wawancara Pendamping Lokal Desa 2023, Pastikan Namamu

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, menambahkan bahwa uji coba tahap awal ini dimulai pada November 2023 dan akan disempurnakan kesiapan alat dan simulasi. 

Peluncuran uji coba terbatas, terutama untuk kendaraan pegawai pemerintah, dijadwalkan akan dilakukan dari 12 Desember 2023 hingga Januari 2024.

Perbedaan antara pembayaran E-Toll dan teknologi MLFF terletak pada cara transaksi dilakukan. 

MLFF memungkinkan transaksi tol terjadi dalam kecepatan normal tanpa sentuhan fisik, sementara E-Toll menggunakan kartu uang elektronik yang perlu ditempelkan pada gerbang tol. Meskipun keduanya merupakan pembayaran tanpa uang tunai, MLFF mengklaim mengurangi waktu transaksi menjadi 0 detik karena tidak memerlukan berhenti di gerbang tol dan membuka jendela untuk menempelkan kartu E-Toll.

BACA JUGA:Cara Mudah Lulus Seleksi, Ini Contoh Soal Tes Wawancara Mitra Statistik BPS 2024, Ada Tentang Gaji?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: