Iklan dempo dalam berita

Mendapat Julukan Buah yang Diberkahi, Ini Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Mendapat Julukan Buah yang Diberkahi, Ini Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Buah zaitun, atau dikenal pula dengan nama Olea europaea, telah lama menjadi bagian dari makanan Mediterania dan secara tradisional digunakan dalam berbagai obat-obatan dan produk kecantikan. Buah ini terkenal karena kandungan nutrisinya yang kaya, terutama minyak zaitun yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

BACA JUGA:Orang Tua Jangan Abai, Ada 7 Jenis Penyakit Stunting Akibat Anak Kurang Nutrisi dan Asupan Gizi

Selain buah tin, ternyata minyak zaitun juga tercantum dalam Al Quran sebagai obat. Buah ini juga disebut sebagai buah yang diberkahi yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebalah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis)" (An-Nur: 35).

BACA JUGA:Berisiko Tinggi Bagi Ibu Hamil, Segera Periksa Ke Dokter Jika Mengalami 8 Tanda Berikut

Selain itu, dikutip dalam buku 'Sains dalam Al-Quran' karya Dr. Nadiah Thayyarah menuliskan bahwa Rasululllah pernah bersabda tentang buah zaitun yang berbunyi:

"Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad dan Tirmidzi). Lalu apa saja manfaat dari buat zaitun ini bagi Kesehatan anda? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah zaitun.

1. Kaya Antioksidan

Buah zaitun ini mengandung banyak senyawa antioksidan, terutama polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan penuaan dini serta berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah zaitun secara rutin, Anda dapat meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sendiri.

BACA JUGA:Cegah dan Kenali Ciri Stunting, Bumil Wajib Penuhi Asupan Gizi dan Nutrisi Sejak Janin dalam Kandungan

2. Melindungi Jantung

Minyak zaitun, yang diekstrak dari buah zaitun ini, mengandung lemak sehat tidak jenuh tunggal yang dapat membantu anda  dalam menjaga kesehatan jantung. Lemak sehat ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) pada tubuh anda. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah zaitun juga dapat melindungi pembuluh darah Anda dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:9 Referensi Destinasi Wisata Layaknya Alam Fantasi yang Bisa Kamu Kunjungi saat Libur Nataru 2024

3. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah zaitun dapat membantu melindungi tubuh anda dari risiko kanker. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah ini dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah metastasis. Terutama, kandungan oleuropein dalam buah zaitun telah dikaitkan dengan efek anti-kanker yang sangat kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: