Iklan dempo dalam berita

Mak-mak Harus Tahu, Ini Penyebab dan Tanda-tanda Tabung Gas Rawan Meledak, Waspada ya

Mak-mak Harus Tahu, Ini Penyebab dan Tanda-tanda Tabung Gas Rawan Meledak, Waspada ya

Tanda dan penyebab tabung gas LPG rawan meledak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Salah satu hal yang kerap menyebabkan kecelakaan seperti kebakaran adalah kompor gas. Bahkan, pada beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, kompor gas yang meledak banyak memakan korban jiwa.

Sebagai jenis kompor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, hal ini tentunya membuat masyarakat khawatir. 

Akan tetapi, ternyata penyebab kompor gas meledak bukan hanya disebabkan oleh kualitas tabung gas melainkan mulai dari kualitas komponen kompor hingga perawatan kompor itu sendiri.

BACA JUGA:HP Vivo Y36 5G Punya Desain Berkelas, Bagaimana Performanya

Lalau, apa saja penyebab kompor gas meledak? 

- Selang gas tidak sesuai standar keamanan

Bagian dari gas bukan hanya tabung, tetapi terdapat pula kompenen-komponen lain salah satunya selang gas. Memiliki fungsi penting yaitu sebagai jalur penghubung gas dari tabung ke kompor, selang gas tentunya harus berkualitas baik.

Pasalnya, kualitas selang yang buruk meningkatkan potensi bocornya gas. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan selang gas yang sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan pemerintah yaitu yang memiliki logo SNI.

Jangan sampai tergiur dengan barang yang memiliki harga murah namun tidak menjamin keamanan dan keselamatan saat digunakan. Selain selang gas, pastikan juga kompor yang digunakan sesuai dengan SNI.

- Penyala kompor rusak

Bukan hanya disebabkan oleh tabung gas, tetapi komponen di kompor juga berpengaruh pada keamanan ketika penggunaan kompor. Salah satu hal yang bisa memicu kompor gas meledak adalah kondisi penyala kompor yang rusak.

BACA JUGA:Simpan Narkoba Dalam Jok Motor, 2 Remaja Diciduk Polisi

Ketika penyala rusak, kompor memang tidak bisa mengeluarkan api tetapi gas tetap dikeluarkan oleh tabung. Maka dari itu, penyala kompor yang rusak bisa menyebabkan gas terus keluar dan memenuhi udara di dapur. 

Selain melihat bahwa api tidak muncul, penyala kompor yang rusak juga dapat dikenali dengan munculnya suara dari kompor. Penyebab rusaknya penyala kompor bisa karena kondisi kompor yang kotor atau kesalahan produksi dari pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: