Iklan RBTV Dalam Berita

Bahaya, Mesin Cuci Bisa Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahaya, Mesin Cuci Bisa Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab mesin cuci nyetrum--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mesin cuci menggunakan tenaga listrik. Dengan demikian bisa saja mesin cuci nyetrum jika ada kesalahan atau kerusakan. 

Sebagai alat elektronik rumah tangga buatan manusia sendiri untuk mesin cuci tidak lepas dari masalah. Apalagi setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, salah satunya yaitu cuci tersengat listrik.

Jangan biarkan hal ini terus terjadi. Jika mengalami hal itu segera cari tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasi. Karenanya kali ini kita akan membahas penyebab mesin cuci nyetrum dan cara mengatasinya.

BACA JUGA:Referensi Camilan Buat Menyambut Family Saat Libur Natal di Rumah

1. Masalah Kabel

Kondisi kabel merupakan hal pertama yang harus diperiksa ketika terjadi sengatan listrik, hal ini dapat terjadi ketika posisi pemasangannya yang tidak tepat. Ada beberapa kondisi kabel yang menjadi faktor penyebab sengatan listrik seperti:

Kabel kupas: Sering terjadi kita tidak menyadari kerusakan kabel dari awal sehingga kabel akan perlahan mulai terkelupas dan akhirnya berdampak ada sengatan listrik. Cara mengatasinya, tentu saja menutup kabel yang terkelupas tersebut.

Masalah kabel grounding: Kondisi kabel ini juga dapat menyebabkan sengatan listrik saat kabel crowning tidak ada atau saat posisi pemasangannya yang salah. Bisa jadi tidak terpasang dengan baik. Untuk mengecek komponen ini kamu dapat mengecek kabel yang terdapat pada kabel power yang biasanya memiliki tiga warna.

BACA JUGA:Hilangkan Komedo Bisa Pakai Baby Oil, Ini 5 Cara Mudah yang Bisa Diterapkan

2. Soket Listrik

Stop kontak yang rusak dapat menyetrum pengguna. Jika hal ini terjadi, maka yang perlu kamu lakukan dengan mengganti yang baru. Namun, seperti yang kamu ketahui jangan sampai keluarga kamu bermain dengan soket. Jika ada masalah yang serius ada baiknya kamu memanggil orang profesional untuk mengatasi masalah ini. 

3. Komponen Mesin

Komponen yang terdapat pada mesin cuci juga dapat mengalami korsleting listrik atau yang biasa disebut dengan korsleting. Hal ini biasanya akan mengakibatkan mesin cuci tersengat listrik atau tidak dapat digunakan sama sekali. Jika kamu memiliki mesin cuci yang dilengkapi dengan pengering di dalamnya, kamu perlu memanggil seseorang yang berpengalaman dibidang ini untuk melakukan perbaikan.

4. Faktor Penempatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: