Iklan dempo dalam berita

Unik dan Mahal, Ternyata Ini Berbagai Mitos Ayam Cemani, Salah Satunya Bisa untuk Ilmu Kebal

Unik dan Mahal, Ternyata Ini Berbagai Mitos Ayam Cemani, Salah Satunya Bisa untuk Ilmu Kebal

Ayam Cemani dengan berbagai mitosnya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ayam Cemani adalah salah satu jenis ayam yang terkenal karena keunikannya yang menarik. Ayam ini berasal dari desa yang sama dengan namanya yaitu Desa Cemani, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 

Ayam Cemani dikenal karena memiliki warna hitam pekat yang meliputi sebagian besar tubuhnya, termasuk daging, tulang, paruh, mata, dan bahkan kulitnya. 

Menurut beberapa penelitian, fenomena ini berasal dari gen. Selain ayam Cemani, ayam Silkie juga memiliki penampilan yang sama. Namun berbanding terbalik dengan ayam cemani, ayam silkie memiliki warna yang putih seperti salju.

BACA JUGA:Sambut Natal, Seperti Ini Tips Dekor Ruangan agar Semakin Estetik

Ternyata kedua ayam ini menunjukkan sejenis hiperpigmentasi berupa fibromelanosis yang membuat jaringan selulernya berubah warna. Pendorongnya adalah gen EDN3 dengan kode endothelin-3, yang penting untuk pigmentasi burung agar mengubah cara melanosit membedakan, membuat dan menyebarkan ke seluruh bagian tubuh.

IFL Science menuliskan pigmen berwarna hitam pada ayam tersebut berasal dari melanin. Untuk ayam Cemani disebut memiliki banyak melanin karena adanya mutasi yang telah terjadi selama ribuan tahun yang lalu. 

Perubahan genetik ini berdampak di semua sel sehingga sejak embrio, sehingga semua bagian tubuh ayam cemani menjadi hitam mulai dari tulang hingga paruhnya. 

Lalu apa saja mitos yang sering berkaitan dengan ayam Cemani ini? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang apa saja mitos yang berkaitan dengan ayam cemani

BACA JUGA:Peluang Kerja Perbankan, Ini Ada 2 Posisi Lowongan Kerja BRI Desember 2023, Catat Syaratnya Berikut

1. Simbol Kekuatan dan Kebahagiaan

Ayam Cemani sering dianggap sebagai simbol kekuatan dan kebahagiaan dalam beberapa daerah. Warna hitam yang dipercaya memiliki daya magis dan kekuatan mistis membuatnya dianggap sebagai makhluk yang sangat penting dalam beberapa upacara ritual. 

Beberapa orang meyakini bahwa memiliki ayam Cemani ini di rumah dapat membawa keberuntungan dan melindungi dari energi negatif bagi mereka yang memilikinya.

2. Kekuatan Mistis

Beberapa mitos mengklaim bahwa ayam Cemani memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan makhluk halus atau hantu di sekitar mereka. Ayam ini dikatakan akan menunjukkan tanda-tanda ketika ada roh jahat atau energi negatif di sekitarnya. Meskipun fakta ini belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya, tetapi mitos semacam ini masih dipegang teguh oleh beberapa masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: