Iklan dempo dalam berita

Minggu Siang, Gunung Merapi di Sumbar Meletus, Kolom Abu Membumbung Tinggi

Minggu Siang, Gunung Merapi di Sumbar Meletus, Kolom Abu Membumbung Tinggi

Gunung Merapi di Sumatera Barat meletus--

SUMBAR, RBTVCAMKOHA.COM – Minggu siang (3/12) gunung merapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat. Peristiwa ini terjadi pukul 14.54 WIB. 

Gunungapi dengan ketinggian 2.891 mdpl ini dikatakan meletus setelah terjadi muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh.

Berdasarkan rekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito melalui sambungan telepon membenarkan jika gunung ini meletus.

BACA JUGA:Punya Benda Ini Bisa Kaya Mendadak, Ini Deretan Koin Kuno yang Harganya di Luar Nalar hingga Triliunan Rupiah

“Benar. Kondisi Gunung Marapi meletus. Kolom abunya membumbung tinggi ke atas terlihat dari Agam,” jelas Bambang.

Saat ini tim BPBD Kabupaten Agam sudah berada di dua wilayah yang paling dekat dengan puncak, yakni Kecamatan Sungai Pua dan Kecamatan Canduang.

“Saat ini saya bersama tim BPBD Kabupaten Agam meluncur ke dua wilayah kecamatan terdekat dari puncak. Tim Pusdalops kami sudah berada di dua lokasi tersebut,” kata Bambang.

Sementara itu tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Agam, Ade Setiawan, menuturkan bahwa hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi dilaporkan terjadi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

BACA JUGA:6 Hewan Berikut Cocok Dijadikan Partner Kucing Kesayangan Anda Dirumah

Laporan langsung dari lapangan oleh tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, hujan abu vulkanik itu turun dengan intensitas tinggi hingga membuat suasana Nagari Lasi menjadi sangat pekat dan gelap.

“Hujan abu cukup pekat dan gelap terjadi di Nagari Lasi, Canduang. Sekarang sudah berhenti,” jelas Ade.

Setibanya di lokasi, tim BPBD Kabupaten Agam bersama dengan PMI segera membagikan masker kepada masyarakat. Di samping itu, mereka juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak keluar rumah dulu mengingat intensitas hujan abu vulkanik yang tinggi dan dapat berdampak pada kesehatan.

“Masyarakat sudah dibagi masker dan diingatkan agar tetap di dalam rumah,” kata Ade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: