Iklan dempo dalam berita

Desember Ini, BLT El Nino 2023 Cair Langsung Rp400.000, Simak Daftar Penerima di Sini

Desember Ini, BLT El Nino 2023 Cair Langsung Rp400.000, Simak Daftar Penerima di Sini

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Awal Desember 2023 sepertinya menjadi kabar baik baik keluarga penerima manfaat atau KPM Bansos. Sebab, Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino senilai Rp400.000 dikabarkan segera cair.  Sehingga, penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal dan melakukan pengecekan. 

Perlu diketahui, BLT ini bukan jenis bantuan yang diagendakan sejak awal tahun, namun kondisional. BLT El Nino ini ditargetkan untuk mendukung 18,8 juta keluarga dengan menyediakan bantuan finansial sebesar Rp400.000 per keluarga. Khususnya bagi KPM yang terdampak oleh fenomena El Nino. 

BACA JUGA:Update Jadwal Pencairan BLT El Nino 2023, Rp400.000 Langsung Cair

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebutkan bahwa program BLT El Nino disediakan dengan anggaran sebesar Rp 7,52 triliun. Adapun dana yang ini merupakan bagian dari alokasi tambahan Rp 8,819 triliun dari Kementerian Keuangan.

Kemudian, untuk mempercepat proses penyaluran, pemerintah memilih PT Pos Indonesia sebagai kanal distribusi utama. Tentunya, kecepatan penyaluran ini menjadi fokus utama, dengan harapan penyelesaian program sebelum akhir tahun 2023.

BACA JUGA:Diberikan Kepada 18,8 juta Penerima, Kamu Kebagian Rp400.000 dari BLT El Nino ? Silakan Cek di Sini

Untuk nominal yang diberikan dari BLT El Nino yakni sebesar Rp200.000 per bulan atau berjumlah Rp400.000 selama dua bulan yakni periode November hingga Desember 2023. Apakah semua bisa dapat BLT El Nino? Jadi, penerima BLT El Nino dipilih berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). 

Sebab, DTKS merupakan acuan dalam menetapkan target program perlindungan sosial. Walaupun begitu, detail data dan anggaran masih akan dibahas lebih lanjut dengan Kementerian Keuangan.

BACA JUGA:Sebentar Lagi BLT El Nino Rp400.000 Cair, Begini Cara Cek Nama Penerima

Berikut cara cek penerima BLT El Nino 2023:

1. Cek BLT El Nino lewat aplikasi

Selanjutnya, masyarakat juga dapat memastikan namanya tercantum sebagai penerima BLT El Nino atau tidak melalui aplikasi cek Bansos. Caranya pun cukup mudah, yakni sebagai berikut:

- Silakan unduh aplikasi "Aplikasi Cek Bansos" resmi buatan Kementerian Sosial RI.

- Selanjutnya, pilih "Buat Akun Baru" dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: