Iklan dempo dalam berita

HP Nokia G42 5G, Ponsel Pintar Ramah Lingkungan yang Mudah Diperbaiki

HP Nokia G42 5G, Ponsel Pintar Ramah Lingkungan yang Mudah Diperbaiki

Nokia G42 5G-Nokia-

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ketika berbicara tentang handphone produk HMD Global yang keluar di Juni 2023, harga dan spesifikasi HP Nokia G42 ini tentunya mengakomodasi kebutuhan para fans HP Nokia yang selalu demanding dan menginginkan perangkat lebih baik setiap tahunnya.

Menurut Nokia, ini adalah ponsel 5G pertamanya yang dapat dengan mudah diperbaiki di rumah, meski membutuhkan layar atau baterai baru. Pasalnya, dari segi desain, Nokia G42 memiliki desain QuickFix yang memungkinkan untuk perbaikan sendiri. 

Menurut HMD, perangkat ini dirancang agar dapat diperbaiki, untuk memaksimalkan umur panjang dan mengurangi dampak lingkungan. Itu juga dilengkapi dengan unibody 2 bagian untuk kemudahan perbaikan.

Dengan menggabungkan teknologi terbaru dalam desain lebih up to date, handphone baru seperti perangkat ini biasanya hadir dengan paket lengkap yang pasti akan membuat setiap penggemar Nokia tertarik, setidaknya penasaran.

Meskipun mengusung prosesor, kamera, baterai, memori hingga display yang disesuikan dengan permintaan pasar dan perkembangan teknologi terkini, tetap saja ada kelebihan dan kekurangan Nokia G42 ini. Hal inilah yang justru membuat kompetisi antara Nokia dengan seri keluaran vendor lain lebih menarik.

Ponsel ini memiliki bagian belakang dan bingkai plastik, dan hadir dalam dua warna: Midnight Sun dan Polar Night. Nokia G42 yang baru dirilis hadir dengan sistem kamera yang lumayan bagus untuk ponsel kelas menengah.

Kamera Belakang, Nokia G42 memiliki pengaturan tiga kamera di sisi belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP (f/1.8), kamera makro 2MP, dan kamera depth-of-field 2MP. Kamera belakang juga memiliki autofokus dan modul flash.

Kamera depan Nokia G42 memiliki kamera 8 MP (sudut lebar) di bagian depan. Namun, salah satu sumber menyebutkan bahwa kamera depannya 16 MP, jadi mungkin ada beberapa variasi tergantung wilayah atau modelnya.

Secara keseluruhan, Nokia G42 memiliki kamera belakang beresolusi tinggi dan kamera depan yang lumayan untuk berfoto selfie dan video call.

Dibuat dengan penutup belakang yang terbuat dari 65% plastik daur ulang. Perusahaan juga mengklaim bahwa perangkat ini diuji untuk bertahan lebih banyak dengan pengujian jatuh lebih dari 2x dan pengujian kompresi baru.Layar mendukung 16,7 juta warna dan memiliki kerapatan piksel sekitar 269 ppi.

Layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Ponsel ini memiliki guntingan V-notch pada layar yang menampung kamera selfie-nya . Layar memiliki kecerahan puncak 560 nits.Nokia G42 memiliki layar LCD IPS 6,56 inci dengan resolusi 720 x 1612 piksel dan rasio aspek 20:9.

Smartphone ini dijual dengan harga mulai dari 249 euro atau sekitar Rp4 juta. Sementara untuk komponen lain dijual terpisah dengan harga mulai dari 20 euro atau sekira Rp327.000.

Perbandingan dengan Nokia C20

Nokia C20 mengusung layar IPS LCD berdiagonal 6,5 inci (720 x 1.600 piksel) dengan resolusi HD Plus. Di bagian layar terdapat notch yang memuat kamera selfie beresolusi 5 MP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: